Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Hamil

March 18, 2023 | Iman

Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Hamil

Telur telah dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Tak hanya protein, telur juga mengandung berbagai macam zat gizi yang menyehatkan.

Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti sayur, buah, serta makanan berprotein tinggi. Salah satu makanan berprotein tinggi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah telur. Pasalnya, manfaat konsumsi telur untuk ibu hamil ini dapat dirasakan baik bagi kesehatan tubuh ibu maupun janin.

Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Hamil

Berikut adalah Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Hamil.

1. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Menjaga sistem imun tubuh menjadi salah satu manfaat telur rebus untuk ibu hamil yang sayang dilewatkan. Hal ini dikarenakan telur mengandung protein serta beberapa jenis vitamin yang diperlukan untuk menguatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, telur juga mengandung selenium yang bersifat antioksidan sehingga dapat mencegah serangan infeksi virus dan bakteri di dalam tubuh.

2. Memenuhi Asupan Protein Harian

Seperti yang telah diketahui, telur termasuk sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, telur juga mengandung asam folat tinggi yang dapat menurunkan risiko cacat janin serta mencegah terjadinya keguguran dan kelahiran prematur pada ibu hamil.

Bila ingin mendapatkan manfaatnya secara optimal, sangat dianjurkan bagi ibu untuk mengonsumsi telur sebanyak 1-2 butir setiap hari dan mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus.

YesDok Ads

3. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah gangguan kesehatan berupa tingginya kadar gula selama masa kehamilan.

Salah satu cara mengontrol kadar gula darah selama masa kehamilan yaitu dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi gula, Anda dapat memilih telur yang mengandung lemak sehat dan protein tinggi sebagai sumber energi selama masa kehamilan.

4. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Kondisi preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan berupa meningkatnya tekanan darah yang disertai dengan adanya protein dalam urine. Kondisi ini diduga dipicu oleh sejumlah gangguan kesehatan, seperti plasenta janin yang tidak berkembang dengan baik, kurangnya aliran darah menuju rahim, serta gizi buruk.

Sebagai upaya mencegah preeklamsia, penting bagi ibu hamil untuk selalu mencukupi asupan nutrisi harian serta mengonsumsi makanan yang mengandung kolin tinggi, seperti telur.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat telur untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat ini bisa didapatkan karena telur mengandung kalsium serta vitamin D yang tinggi.

Bahkan, telur juga mengandung berbagai macam mineral yang turut mengoptimalkan kontraksi otot serta proses pembekuan darah selama proses persalinan. Berikut adalah manfaat konsumsi telur untuk ibu hamil.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads