Diet
+1

Manfaat Konsumsi Rutin Buah Bit

September 16, 2020 | Claudia

Buah bit

Buah bit kian populer sebagai super food. Studi terbaru menyatakan bahwa bit dan jus bit dapat meningkatkan kinerja atletik, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah.

Bit memberikan berbagai macam manfaat kesehatan, seperti mengurangi tekanan darah, memperlancar pencernaan, dan menurunkan risiko diabetes. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai manfaat buah bit untuk tubuh.

Kesehatan jantung dan tekanan darah

Sebuah studi tahun 2015 terhadap 68 orang dengan tekanan darah tinggi meneliti efek minum 250 ml jus bit setiap hari. Para peneliti menemukan bahwa hal ini secara signifikan dapat membantu menurunkan tekanan darah setelah dikonsumsi.

Para peneliti berpendapat bahwa efek ini disebabkan oleh tingginya kadar nitrat dalam jus bit. Mereka merekomendasikan konsumsi sayuran yang mengandung nitrat tinggi sebagai cara yang efektif dan berbiaya rendah untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi.

Namun, konsumsi bit saja bukan berarti sudah membuat seseorang bisa bebas dari tekanan darah tinggi. Orang dengan tekanan darah tinggi tetap harus meminum obat tekanan darah yang diresepkan oleh dokter.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Mengontrol tekanan darah dengan membuat perubahan pada pola makan dapat membantu mencegah gagal jantung, stroke, serangan jantung, dan komplikasi kardiovaskular lainnya yang mengancam nyawa.

YesDok Ads

Diabetes

Bit mengandung antioksidan yang disebut asam alfa-lipoat. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sebuah tinjauan studi tahun 2019 mengamati efek asam alfa-lipoat pada gejala diabetes neuropati. Para peneliti menemukan bahwa pemberian suplemen asam alfa-lipoat oral dan intravena menyebabkan penurunan gejala neuropati perifer dan otonom pada penderita diabetes.

Namun, sebagian besar dosis yang digunakan dalam penelitian ini jauh lebih tinggi daripada yang tersedia dalam bit. Efek dari dosis asam alfa-lipoat yang lebih kecil masih belum jelas dari penelitian yang tersedia.

Pencernaan

Satu cangkir bit menyediakan 3,81 gram serat. Mengonsumsi serat yang cukup, penting untuk melancarkan pencernaan dan kesehatan usus. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir bit dapat menyediakan lebih dari 8,81% kebutuhan serat harian seseorang, tergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Mengonsumsi bit secara rutin merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan asupan serat seseorang.

(Foto: delish.com)

YesDok Ads