Manfaat Konsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat Sebelum Berolahraga

February 15, 2022 | Helmi

makanan sebelum olahraga

Makan sebelum berolahraga adalah cara yang efektif untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda dan meningkatkan kinerja Anda.

“Makanan menyediakan sumber langsung energi yang dapat digunakan. Karbohidrat adalah pilihan yang bijak,” kata ahli diet olahraga dan pendiri M2 Performance Nutrition, Dr. Mike Molloy.

"Karbohidrat  sebelum latihan, bersama dengan protein, telah terbukti meningkatkan adaptasi pelatihan dan mendukung pemulihan yang lebih cepat di antara sesi," katanya.

Molloy juga menambahkan bahwa kombinasi karbohidrat dan protein sebelum olahraga juga mendukung sistem kekebalan yang sehat.

Karbohidrat, seperti oatmeal instan atau sepotong buah, dapat membantu memberi Anda dorongan energi sebelum berolahraga.

Dalam hal apa dan berapa banyak Anda harus makan, jenis, durasi, dan intensitas latihan serta gerakan yang dilakukan semuanya berperan.

Latihan yang lebih lama biasanya membutuhkan lebih banyak makanan daripada sesi yang lebih pendek.

"Sebagai perbandingan, latihan yang sangat singkat tetapi sangat intens kemungkinan besar dapat didorong sepenuhnya dari simpanan energi yang sudah ada di serat otot dari makanan sebelumnya," kata Molloy. "Namun, mungkin masih ada beberapa manfaat neurologis untuk camilan sebelum berolahraga."

"Secara umum, mengonsumsi makanan ringan berbasis karbohidrat dan protein (rendah lemak dan rendah serat) akan bekerja paling baik dan menuai manfaat paling besar, dibandingkan dengan makanan ringan atau makanan jenis tinggi lemak," kata Molloy. 

"Makanan yang mudah dipecah, biasa disebut 'karbohidrat cepat', seringkali yang terbaik."

"Karbohidrat cepat" termasuk pasta, roti, dan nasi. Sementara gandum utuh melepaskan energi lebih lambat.

"Jika Anda makan lengkap 2-3 jam sebelum berolahraga dengan karbohidrat padat, maka camilan kecil sekitar 30-45 menit sebelumnya sudah cukup," katanya.

Jika sudah lebih lama dari waktu makan terakhir Anda, Anda tidak perlu makan lebih banyak tetapi Anda harus makan camilan berbasis karbohidrat lebih awal, karena manfaatnya lebih terasa. 

Molloy merekomendasikan sesuatu yang sederhana dan ringan, bukan sesuatu yang akan membebani perut Anda.

YesDok Ads