Manfaat Konsumsi Labu Siam untuk Ibu Hamil

March 13, 2023 | Iman

manfaat labu siam untuk ibu hamil

Meski bentuknya tidak eksotis, labu siam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Mengonsumsi labu siam dianggap dapat mencegah kanker, dan sangat baik untuk ibu hamil. Lantas apa saja manfaat labu siam untuk ibu hamil.

Masyarakat Indonesia biasanya menikmati labu siam sebagai lalapan, tumisan, atau sayur asem. Sedangkan, batang dan daun pucuk muda dari labu siam digunakan sebagai campuran membuat rujak dan sayuran lainnya.

Tingginya nutrisi dan senyawa antioksidan yang bersifat anti-inflamasi, labu siam sangat cocok dikonsumsi sebagai pilihan sayuran saat hamil.

Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil

Tingginya nutrisi dan antioksidan yang ada dalam labu siam memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat labu siam untuk ibu hamil, berikut penjelasannya:

1. Sumber Folat

Labu siam merupakan sumber folat yang sangat baik dikonsumsi ketika hamil. Folat diperlukan janin untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang saat dalam kandungan. Selain itu, folat juga penting untuk mencegah kelahiran prematur. Mengonsumsi satu labu siam dapat memenuhi 40 persen kebutuhan asam folat harian yang dimana baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

2. Mengandung Banyak Serat

Labu siam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Dalam 100 g labu siam terkandung 1,7 g serat. Selain kandungan seratnya, labu siam juga mengandung flavonoid tinggi yang membantu sistem pencernaan ibu hamil untuk menyerap nutrisi dalam makanan secara maksimal.

YesDok Ads

3. Kaya Antioksidan

Labu siam mengandung berbagai antioksidan seperti quercetin, yrcetin, morin, dan kaempferol. Kandungan antioksidan ini bermanfaat bagi tubuh untuk melindungi kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menurunkan stres yang sering dialami ibu hamil.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Selain tinggi serat, labu siam juga rendah karbohidrat. Kombinasi nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah ibu hamil agar tetap normal. Kandungan serat yang tinggi membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

5. Mencegah Anemia

Selama kehamilan, akan terjadi banyak perubahan dalam tubuh wanita dan akan berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Salah satunya adalah peningkatan produksi sel darah merah (anemia) untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi pada janin.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: healthline)

YesDok Ads