Manfaat Konsumsi Kulit Jeruk

May 11, 2019 | Iman

Ketika kita makan buah jeruk, kita selalu membuang kulitnya dan berpikir tidak ada gunanya. Tapi sebenarnya, kulit jeruk sama berharganya dengan buah yang berair. Kulit jeruk diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan mulai dari menangkal peradangan hingga menurunkan risiko berbagai penyakit. Kulit jeruk mengandung berbagai phytochemical yang mencegah penyakit, memperbaiki kerusakan DNA, menghilangkan karsinogen dari tubuh.

Berikut manfaat Kesehatan dari Kulit Jeruk seperti dilansir laman Boldsky:

Mencegah kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa kulit jeruk memiliki sifat antikanker. Polymethoxyflavones atau sejenis flavonoid yang ditemukan dalam kulit jeruk, dapat menghambat pertumbuhan dan melawan sel-sel kanker. Ia bekerja dengan mencegah penyebaran karsinogenesis ke organ lain dan menurunkan kemampuan sel kanker untuk bergerak melalui sistem peredaran darah.

Mendukung kesehatan jantung.

Kulit jeruk memiliki kadar hesperidin dan flavonoid yang membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah. Juga, polymethoxyflavones dalam kulit jeruk memiliki efek penurun kolesterol yang kuat.

Menghilangkan peradangan.

YesDok Ads

Peradangan kronis adalah akar penyebab berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit Alzheimer. Flavonoid dalam kulit jeruk dikatakan mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga peradangan.

Mencegah tukak lambung.

Minum alkohol berlebihan dan merokok menyebabkan tukak lambung dan sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit jeruk secara efektif dapat mengurangi tukak lambung pada tikus Hesperidin.

Bantuan dalam mengobati diabetes.

Kulit jeruk adalah sumber serat makanan yang baik yang dikenal untuk mengatur kadar gula darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Natural Product Research menunjukkan bahwa, ekstrak kulit jeruk dapat membantu dalam pengobatan nefropati diabetic.

Sementara itu ada beberapa cara untuk mengkonsumsi kulit jeruk, diantaranya potong kulit jeruk menjadi potongan-potongan kecil dan tambahkan ke dalam salad Anda. Kulit jeruk juga dapat digunakan untuk membuat kue, muffin, dan dapat juga ditambahkan ke yogurt, oatmeal, dan pancake untuk menambah rasanya. Tambahkan juga kulit jeruk ke smoothie Anda untuk menambahkan beberapa nutrisi dan serat ekstra.

(Foto : mnn.com)

YesDok Ads