Manfaat Konsumsi Buah Tomat

March 25, 2019 | Iman

Para ilmuwan di Spanyol mempelajari bagaimana pencernaan mempengaruhi antioksidan, sebuah zat yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan mereka mempelajari hal tersebut dari buah tomat dan bahkan yang sudah diolah dalam saus tomat. 

Tomat dianggap sangat sehat karena mengandung antioksidan lycopene, yang juga membuatnya berwarna merah. Para peneliti menemukan bahwa memasak tomat dapat memperkuat lycopene yang berarti dapat bertahandalam proses pencernaan dan diserap oleh tubuh. Ini meningkatkan efek probiotik, mendorong pertumbuhan bakteri sehat dari tomat. Pada saat yang sama para peneliti melihat lactobacillus reuteri, salah satu bakteri terpenting untuk usus yang sehat, terjadi secara alami di dalam tubuh.

"Meskipun Lactobacillus reuteri menghentikan beberapa antioksidan yang diserap dari tomat, antioksidan tersebut membuat bakteri lebih efektif. Dan bahkan lebih dalam saus tomat yang dimasak dimana bakteri yang baik lebih banyak ditemukan daripada antioksidan," ucap Ketua Penelitian, Ana Belen Heredia seperti dilansir laman Dailymail. Menurutnya efek positif dari Lactobacillus reuteri yang cukup kuat dan lebih besar daripada fakta bahwa bakteri tersebut dapat menghentikan antioksidan yang diserap oleh tubuh.

"Kami mencoba dengan tomat mentah dan mengolahnya dengan cara digoreng untuk menentukan dampak pengolahan, dan hasilnya, kami menemukan bahwa menyajikan makanan yang kaya probiotik dengan saus tomat goreng meningkatkan efek probiotiknya," ujar Ana. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Functional Foods.

YesDok Ads

Ana menambahkan tomat juga dapat meningkatkan perawatan kanker. "Bukan rahasia bahwa tomat sehat, dan penelitian sebelumnya mengklaim memakan tomat dapat membantu memperlambat kanker perut, dan saus tomat dapat mengurangi risiko pria terkena kanker prostat," terang Ana.

Tomat juga mengandung 95% air, 5% lainnya dari tomat mengandung karbohidrat dan 1% protein dan lemak. Serat dalam tomat juga sebesar 80%. Buah tomat juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik seperti folat, kalium, vitamin K1 dan vitamin C. Tomat juga kaya beta karoten yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian tahun lalu menemukan buah tomat merupakan bagian dari diet Mediterania yang populer menghambat pertumbuhan sel mematikan, ketika dimakan secara keseluruhan. Para peneliti mengatakan temuan itu dapat membuka jalan bagi studi yang berfokus pada pencegahan kanker perut, serta menggunakan diet untuk mendukung perawatan konvensional.

Photo Source : Bonnieplants.Com

YesDok Ads

Related Tags