Manfaat Konsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

July 26, 2020 | Iman

Buah naga

Buah naga merupakan buah iklim tropis. Karena bentuknya yang unik dan menyerupai naga, maka buah ini dikenal dengan sebutan buah naga. Menurut para ahli, dibalik rasanya yang manis buah ini memiliki segudang manfaat kesehatan.

“Satu buah naga memiliki 60 kalori dan merupakan sumber magnesium dan vitamin C yang baik,” kata ahli nutrisi Roxana Ehsani. Buah ini juga dapat disajikan dengan berbagai cara tergantung selera Anda. Berikut beberapa manfaat buah tropis ini bagi kesehatan. 

1. Penuh Serat

Satu potong buah naga dapat mengandung hingga 7g serat, sekitar seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan (25-30g). Buah manis ini dapat menjadi solusi sembeli Anda. 

2. Baik Bagi Jantung

Buah naga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 yang baik bagi kesehatan jantung. Dalam "omega-3 dianggap memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, nyeri sendi, dan depresi. 

3. Mendukung Kesehatan Tulang

Mengingat bahwa buah naga memiliki lebih banyak magnesium daripada buah-buahan (sekitar 18% dari asupan harian yang direkomendasikan), buah naga dapat mendukung kesehatan tulang. Menurut sebuah penelitian kondisi ini juga menguntungkan pada wanita pascamenopause.

YesDok Ads

4. Melancarkan Darah

Zat besi merupakan salah satu fakto penyebab kurangnya nutrisi pada sebagain orang di dunia. Kondisi ini umumnnya dikarenakan sebagian besar asupan zat besi harian yang diserap melalui daging, ikan, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan sangat kurang. Buah naga hadir sebagai alternative zat besi yang mendukung aliran darah yang lancer ke seluruh tubuh.

5. Mendukung Perawatan Kecantikan

Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan rambut rontok. Dalam kasus lain dapat menyebabkan kelelahan ekstrem, kulit pucat, kesulitan berkonsentrasi, sakit kepala, tangan dan kaki dingin. Menambahkan asupan zat besi dapat merangsang pertumbuhan rambut dan juga mendukung kulit dan kuku yang sehat.

6. Mendukung Kekebalan Tubuh

Vitamin C selama ni identik dengan jeruk sebagai penangkal flu dan pilek. Sekarang buah naga dapat Anda jadikan solusi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi banyak buah-bahan seperti buah naga yang diimbangi dengan sayur dapat memperkuatl antioksidan serta melawan stres oksidatif, termasuk penangkal penyakit di tubuh Anda.

 

(Foto: healthline)

YesDok Ads