Diet
+1

Manfaat Konsumsi Asparagus

December 11, 2020 | Claudia

Asparagus

Sukakah Anda pada asparagus? Asparagus merupakan sayuran yang berbentuk batang. Anda bisa mengonsumsi asparagus secara mentah atau dimasak dalam hidangan seperti sup, salad, dan lain-lain.

Nutrisi yang terkandung dalam asparagus baik untuk kesehatan jantung dan tulang, sedangkan folat dan zat besi yang juga ada di dalam asparagus, mungkin bermanfaat untuk kehamilan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari konsumsi asparagus:

Mendukung perkembangan janin

Asparagus kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B-9. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam perkembangan sel pada bayi dalam kandungan. Folat merupakan nutrisi penting, dan dibutuhkan selama masa pertumbuhan, baik itu selama masa kehamilan untuk pertumbuhan janin, pada masa bayi, dan pada masa remaja.

Mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan dapat membantu mencegah keguguran dan melindungi janin yang sedang tumbuh. Selain itu, orang yang tidak mendapatkan cukup folat dari makanannya bisa mengalami kelemahan dan kelelahan akibat anemia defisiensi folat. 134 gram (g) asparagus menyediakan sekitar 17% kebutuhan folat harian orang dewasa.

Menurunkan risiko depresi

Menurut artikel ilmiah yang diterbitkan pada 2008, folat juga dapat mengurangi risiko depresi. Folat melakukannya dengan mencegah terlalu banyak homosistein terbentuk di dalam tubuh. Homosistein adalah asam amino yang dapat menghalangi darah dan nutrisi mencapai otak.

YesDok Ads

Jika terdapat terlalu banyak homosistein, ini juga dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang membuat Anda merasa nyaman. Hormon-hormon ini mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan. Manfaat folat dapat ditemukan dari konsumsi asparagus secara rutin.

Baik untuk pencernaan

Asparagus kaya serat dan air. Keduanya membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Mencegah penyakit osteoporosis

Asparagus mengandung fosfor, zat besi, vitamin K, dan kalsium, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan tulang. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin K harian dari mengonsumsi 134 g asparagus. Jika terus dikonsumsi secara rutin, ini bisa membantu Anda mencegah osteoporosis.

Sementara itu, zat besi, kalium, fosfor, seng, dan magnesium juga merupakan beberapa mineral yang mendukung kesehatan tulang, dan semua nutrisi ini terkandung dalam asparagus.

(Foto: seriouseats.com)

YesDok Ads