Diet
+1

Manfaat Kol Merah untuk Kesehatan

November 24, 2022 | Claudia

Manfaat Kol Merah

Ada dua jenis kubis atau dikenal juga dengan kol yang biasa dikonsumsi oleh banyak orang, yakni kol hijau dan kol merah atau kol ungu. Kol merah memiliki warna yang lebih unik dibandingkan kol biasa yang berdaun hijau. Selain itu, manfaat kol merah juga banyak sehingga baik untuk kesehatan.

Kol merah adalah salah satu jenis sayuran yang kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B, mineral yakni thiamin, folat, kalsium, magnesium, mangan, riboflavin, zat besi, kalium, dan serat makanan.

Selain itu, kol merah juga dilengkapi dengan antioksidan dan phytochemical yang berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Melihat sejumlah nutrisi yang tersedia dalam kol merah, apakah ini membuat kol merah lebih sehat dibandingkan kol hijau?

Baik kol merah  maupun kol hijau baik untuk kesehatan. Namun, jika dilihat dari nilai gizi dan juga rasa, keduanya memiliki perbedaan. Kol merah diketahui memiliki vitamin A 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan kol hijau.

Satu mangkuk kol merah cincang memiliki 51 mg vitamin C, sementara porsi yang sama dari kol hijau hanya memiliki 37 mg vitamin C. Kol merah juga memiliki dua kali lipat jumlah zat besi yang terkandung dalam kol hijau.

Jika melihat dari banyaknya gizi yang dikandung, apa saja manfaat kol merah untuk kesehatan?

Meningkatkan kekebalan tubuh

YesDok Ads

Kol merah dikemas dengan vitamin C, antioksidan penting yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat merangsang aktivitas sel darah putih, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mencegah kanker

Manfaat kol merah salah satunya juga memainkan peran utama dalam pencegahan kanker, karena tingginya antioksidan seperti indol dan antosianin. Antosianin memberikan warna ungu atau merah pada kol dan indol dikaitkan dengan pengurangan jumlah sel kanker payudara pada wanita.

Membantu penurunan berat badan

Mengonsumsi kol merah yang sangat rendah kalori dan tinggi serat, berarti mencegah Anda makan terlalu banyak dan membuat Anda kenyang untuk waktu yang cukup lama.

Mengatasi arthritis dan peradangan

Mengandung fitonutrien, salah satu manfaat kol merah yakni membantu meredakan peradangan kronis. Kol merah mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang dapat menghentikan peradangan.

(Foto: The Kitchn)

YesDok Ads