Manfaat Kesehatan Tea Tree Oil Sesuai dengan Penelitian

November 16, 2021 | Helmi

ilustrasi tea tree oil

Tea tree oil didapat dari ekstrak pohon teh asal Australia yang telah digunakan sebagai obat alami untuk berbagai kondisi kulit.

Tidak semua klaim kesehatan tentang tea tree oil didukung oleh sains, tetapi beberapa kegunaannya sudah didukung oleh penelitian. Berikut ini sejumlah manfaat penggunaan tea tree oil.

Melawan jerawat

"Karena dapat membantu menurunkan tingkat bakteri penyebab jerawat, tea tree oil dianggap sebagai pengobatan alami untuk jerawat," kata Joshua Zeichner, MD, dokter kulit bersertifikat dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai.

Sebuah studi tahun 2017 yang sangat kecil menemukan bahwa orang yang menggunakan minyak pohon teh selama 12 minggu memiliki lesi jerawat yang jauh lebih sedikit daripada yang mereka lakukan pada awal penelitian.

Tapi ini tidak berarti Anda harus membuang produk kulit Anda. "Saya pribadi menemukan bahwa itu tidak menggantikan perawatan jerawat tradisional," kata Zeichner.

Ini mungkin sebagian karena tea tree oil cenderung bekerja lebih lambat daripada produk seperti benzoil peroksida. Namun, beberapa melaporkan bahwa ia memiliki lebih sedikit efek samping.

Untuk menggunakan minyak pohon teh untuk jerawat, sebaiknya gunakan minyak konsentrasi 5% dan oleskan dua kali sehari.

Mengatasi ketombe

YesDok Ads

Ketombe adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh tingginya kadar ragi alami di kulit kepala Anda. Hal ini menyebabkan peradangan dan gejala seperti gatal dan kulit mengelupas.

"Tea tree oil secara alami bersifat anti jamur sebagai bahan dan dapat menghambat pertumbuhan ragi," kata Michele Green, MD, dokter kulit kosmetik bersertifikat dengan praktik pribadi di NYC.

Cara terbaik untuk menggunakan tea tree oil di kulit kepala Anda adalah dengan menemukan shampo yang mengandung 5% tea tree oil dan menggunakannya setiap hari setidaknya selama empat minggu.

Membantu menyembuhkan luka

Tea tree oil dapat membantu penyembuhan luka dengan dua cara: Ini mengurangi peradangan pada jaringan yang rusak. 

Ketika kulit Anda terluka, tubuh Anda meluncurkan reaksi peradangan untuk membantu Anda sembuh. Tetapi terlalu banyak peradangan dapat menunda penyembuhan dan menyebabkan jaringan parut yang lebih parah.

Karena merupakan antibiotik alami, tea tree oil dapat membantu membunuh bakteri yang mungkin menginfeksi luka.

Untuk menggunakan minyak pohon teh pada luka, gunakan produk konsentrasi 10% dan oleskan dua kali sehari. Jangan pernah menggunakannya untuk luka bakar, karena dapat mengiritasi kulit yang terbakar.

YesDok Ads