Manfaat Kesehatan Konsumsi Biji Rami

April 18, 2022 | Iman

Biji rami

Flax seed atau biji rami adalah biji kecil yang berasal dari Amerika Utara. Biji rami tidak hanya menambah rasa pedas pada masakan, konon kaya akan nutrisi seperti lemak sehat untuk jantung, serat, protein nabati, serta vitamin dan mineral utama.

Satu porsi biji rami memberikan jumlah nutrisi yang baik untuk Anda seperti serat, magnesium, dan zat besi.  Selama beberapa tahun terakhir, biji rami menjadi semakin populer berkat banyaknya manfaat kesehatannya, berikut beberapa diantaranya.

a. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di AS. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), biji rami dapat melindungi kesehatan dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Sebuah analisis tahun 2016 dari 15 studi yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition juga menemukan bahwa biji rami mengurangi tekanan darah, terutama bila dikonsumsi selama 12 minggu atau lebih.

b. Memperbaiki kadar kolesterol dan stroke

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa dari 50 orang dewasa dengan kolesterol tinggi, mereka yang makan sekitar tiga sendok makan bubuk biji rami panggang setiap hari selama tiga bulan mengalami penurunan yang signifikan dalam kolesterol total dan kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu

Biji rami adalah sumber lemak sehat yang baik yang disebut asam alfa-linolenat (ALA), yang mampu mencegah stroke.

c. Mendukung kesehatan pencernaan

Empat sendok makan biji rami menyediakan 27% dari asupan serat yang direkomendasikan setiap hari. Biji rami mengandung serat larut dan tidak larut, yang masing-masing meningkatkan pergerakan usus.

d. Membantu mengurangi risiko kanker

Meskipun tidak ada makanan atau suplemen yang dapat mencegah kanker, beberapa penelitian menunjukkan biji rami dapat mengurangi risiko atau penyebaran kanker tertentu.

YesDok Ads

The American Institute for Cancer Research menemukan bahwa untuk setiap 10 gram tambahan serat yang dikonsumsi, ada 7% penurunan risiko kanker kolorektal. Kanker payudara juga yang paling banyak dipelajari dalam kaitannya dengan konsumsi biji magis tersebut.

e. Menurunkan gula darah

Biji rami mengandung ALA, sejenis lemak sehat tertentu yang juga dapat membantu mengelola pra-diabetes. ALA mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang keduanya mengurangi risiko diabetes tipe 2.

f. Mendukung manajemen berat badan

Memasukkan biji rami ke dalam makanan Anda dapat membantu pengelolaan berat badan yang sehat dan berkelanjutan berkat kandungan serat larutnya. Sebagian besar serat larut dalam biji rami disebutt membuat kenyang lebih lama.

g. Membantu melindungi dari penyakit kronis

Selain lemak dan serat yang bermanfaat, biji rami kaya akan antioksidan pelindung kesehatan yang disebut polifenol. Polifenol bertindak seperti pengawal untuk sel-sel kita, melindungi dari kerusakan yang pada akhirnya dapat menyebabkan penuaan dan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Kandungan Nutrisi

Biji rami adalah sumber thiamin, vitamin B yang membantu mengubah nutrisi menjadi energi. Nutrisi lain yang menonjol dari biji rami adalah magnesium, yang penting untuk fungsi saraf, otot, dan kekebalan tubuh. Sementara itu, selenium melindungi sel dari kerusakan atau infeksi dan zat besi membantu membuat sel darah merahyang membawa oksigen melalui aliran darah kita.

Cara sederhana menikmati biji rami:

  • Ditaburkan di atas oatmeal atau oat
  • Dicampur yogurt
  • Ditambahkan ke adonan kue
  • Digunakan sebagai hiasan untuk makanan ringan seperti smoothie, buah segar, dan roti panggang alpukat.
YesDok Ads