Manfaat Kesehatan dari Wortel

August 18, 2019 | Iman

Populer di seluruh dunia, wortel adalah sayuran yang renyah dan bergizi tinggi. Mereka umumnya diklaim dapat menjaga mata Anda agar tetap sehat dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Seperti dilansir laman Healthline, ada hubungan antara Wortel dan kesehatan mata karena sudah lama diyakini bahwa makan wortel dapat meningkatkan kesehatan mata. Woretal juga tinggi antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan mata, selain itu sayuran ini juga merupakan sumber kaya beta karoten dan lutein, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan sel, penuaan, dan penyakit kronis, termasuk penyakit mata, semantara itu beta karoten memberi banyak warna pada tanaman merah, oranye, dan kuning. Wortel berwarna oranye mengandung beta karoten yang tinggi, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan malam hari. Vitamin A sangat diperlukan untuk membentuk rhodopsin, yang merupakan pigmen kemerahan-ungu, sehinga mata akan peka terhadap cahaya pada sel-sel mata Anda yang membantu Anda melihat di malam hari

Perlu diketahui juga, bahwa tubuh Anda akan menyerap dan memanfaatkan beta karoten lebih efisien saat Anda makan wortel yang dimasak daripada yang mentah. Wortel mendukung mata yang sehat, tetapi ada banyak alasan lain untuk memakannya karena manfaat kesehatan lainnya dimana sebagian besar penelitian berfokus pada kandungan karotenoidnya, termasuk lutein, likopen, dan beta karoten.

Manfaat kesehatan lain dari wortel yaitu mendukung kesehatan pencernaan. Wortel kaya akan serat, yang membantu mencegah sembelit. Satu wortel mengandung sekitar 2 gram serat, atau 8% dari nilai harian (DV). Makan wortel juga dapat meningkatkan bakteri usus Anda’

YesDok Ads

Manfaat lainnya adalah dapat mengurangi risiko kanker. Makanan kaya serat seperti wortel dapat membantu melindungi dari kanker usus besar dengan mempromosikan keteraturan pencernaan. Ditambah, antioksidan tertentu dalam wortel telah terbukti memiliki efek antikanker.

Wortel juga dapat menstabilkan gula darah karena memiliki indeks glikemik rendah (GI), yang berarti bahwa wortel tidak menyebabkan lonjakan besar gula darah ketika Anda memakannya. Kandungan seratnya juga membantu menstabilkan kadar gula darah.

Selain itu, Wortel juga dapat melindungi Kulit, meskipun tidak seefektif tabir surya, antioksidan beta karoten dan likopen dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

Tidak sampai disitu, wortel dapat mendukung penurunan berat badan karena rendah kalori dan tinggi serat. Makan wortel dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat mencegah makan berlebihan dan membantu penurunan berat badan.

(Foto: healthline.com)

YesDok Ads