Manfaat Kesehatan dari Jeruk Nipis

April 04, 2021 | Iman

Jeruk nipis

Meskipun memiliki ukuran kecil, jeruk nipis ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan. 

Di Indonesia, jeruk nipis banyak dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap makanan hingga dicampur dengan air hangat dan madu untuk mendapatkan manfaat yang jauh lebih baik.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari Jeruk nipis.

1. Sumber antioksidan yang baik

Jeruk nipis mengandung senyawa aktif tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh Anda, seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat. Antioksidan adalah senyawa penting yang melindungi sel tubuh Anda dari radikal bebas.

2. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda. Dalam sebuah penelitian, vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih sehingga membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi dan penyakit.

YesDok Ads

3. Bisa meningkatkan kesehatan kulit

Jeruk nipis dikenal memiliki beberapa khasiat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Pertama, mereka kaya akan vitamin C, yang diperlukan untuk membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda kencang dan kuat. Kedua, jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi, yang dapat membantu memerangi perubahan kulit terkait usia.

4. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, selain itu, vitamin C juga dapat melindungi dari aterosklerosis yaitu penyakit dimana plak menumpuk di arteri Anda.

5. Dapat mencegah batu ginjal

Jeruk nipis mengandung asam sitrat tinggi, yang dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin. 

(Foto: pixabay)

YesDok Ads