Manfaat Kesehatan Dari Ikan Makarel

October 17, 2020 | Iman

Ikan makarel

Ikan Makarel dapat dengan mudah kita dapatkan dan diolah dengan berbagai cara, ikan ini termasuk dalam famili Scombridae yang bersaudara dengan ikan tuna, ikan tenggiri dan ikan kembung.

Makarel juga Serbaguna karena bisa dikonsumsi dengan berbagai cara dan memiliki rasa dan nilai gizi yang luar biasa sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan favorit di kalangan pecinta ikan. 

Selain itu, Makarel merupakan ikan air asin yang kaya akan protein, lemak omega 3, dan nutrisi penting lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan ikan makarel.

1. Mengurangi tekanan darah

Sebuah penelitian dalam jurnal Atherosclerosis menunjukkan bahwa 12 orang laki-laki dengan kondisi hipertensi ringan kemudian diberi tiga kaleng makarel per minggunya selama delapan bulan, mengalami penurunan tingkat tekanan darah yang signifikan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi jenisi ikan ini atau yanh termasuk dalam keluarganya seperti ikan tenggiri diyakinj dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat).

YesDok Ads

3. Membangun tulang yang kuat

Makarel menjadi salah satu sumber yang kaya akan vitamin D dan Mengonsumsi ikan termasuk makarel setidaknya seminggu sekali terbukti mengurangi risiko patah tulang pinggul hingga 33 persen.

4. Memperbaiki gejala depresi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika anda kurang asupan lemak omega 3 dari ikan dapat meningkatkan gejala depresi. Sementara itu, Ikan makarel maupun tenggiri merupakan sumber asam lemak tak jenuh ganda omega 3 yang dapat menurunkan gejala depresi.

5. Meningkatkan kesehatan kardiometabolik pada anak-anak

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa anak usia delapan hingga sembilan tahun yang mengonsumsi 300 g ikan per minggu selama 12 minggu secara rutin menunjukkan peningkatan signifikan pada kadar trigliserida dan kadar kolesterol baik (HDL). 

(Foto : pixabay)

YesDok Ads