Manfaat Kesehatan dari Daun Mangga

July 12, 2019 | Iman

Pada saat musim panas, buah mangga menjadi favorit untuk dinikmati, selain rasanya yang manis dan segar, mangga juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral, selain itu daunnya pun ternyata memiliki sifat penyembuhan dan obat. Karena khasiat obatnya yang sangat besar, daun mangga juga menjadi penting untuk dikonsumsi, karena mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan antioksidan termasuk fenol dan flavonoid.


Daun mangga yang baik untuk dikonsumi adalah yang lembut dan berwarna kemerahan atau keunguan, dan ketika daun tersebut tumbuh besar maka akan berubah warna menjadi berwarna hijau gelap. Sementara di negara-negara Asia Tenggara, daun mangga yang bertekstur lembut dapat dimasak dan dimakan.

Berikut Manfaat Kesehatan Dari Daun Mangga seperti dilansir laman Boldsky.

Kontrol diabetes tipe 2

Daun mangga dianggap berguna untuk mengendalikan diabetes karena mengandung tanin yang dikenal juga sebagai antosianidin yang dapat membantu dalam pengobatan diabetes dengan cara mengeringkan daunnya atau jadikan bubuk, bisa juga digunakan sebagai infus untuk mengobati diabetes.

Meningkatkan fungsi kognitif

Diabetes tipe 2 dapat meningkatkan faktor risiko penyakit Alzheimer dan demensia vaskular, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Brain Pathology, ekstrak daun mangga dapat meningkatkan patologi sentral dan menurunkan gangguan kognitif pada pasien diabetes tipe 2.

Menurunkan tekanan darah tinggi

YesDok Ads

Menurut sebuah penelitian di Journal of Hospital Medicine Mesir, buah Mangga memiliki peran dalam menurunkan tekanan darah tinggi karena sifat hipotensinya dimana konsumsi daun mangga dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises.

Obati asma

Masalah pernapasan seperti asma dapat diobati dengan bantuan daun mangga, selain itu orang yang menderita bronkitis dan pilek disarankan meminum rebusan daun mangga dengan campuran sedikit madu. 
 

Meningkatkan kesehatan perut

Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perut Anda dari berbagai penyakit yang mengganggu perut seperti sakit lambung. Anda hanya perlu mengonsumsi beberapa daun mangga yang ditambahkan ke air hangat, lalu dibiarkan semalaman dan saring airnya dan minum pada saat pagi hari.

Sementara itu daun manga pun bisa dijadikan minuman sehari-hari dengan dicampur teh. Untuk membuatnya terasa lebih nikmat ambil sedikit daun mangga dan 1 liter air, lalu Cuci daun mangga dengan benar. Hancurkan dan masukan dalam air lalu rebus, selanjutnya saring dan minumlah dengan sedikit madu.

(Foto : thebenefit.com)

YesDok Ads