Manfaat Keju Parmesan bagi Kesehatan

September 14, 2019 | Iman

Siapa yang tidak menyukai keju, makanan ini dikenal cocok dipadukan dengan olahan jenis makanan dan mengandung sejuta manfaat. Keju sesungguhnya merupakan makanan sehat, sayangnya masih banyak yang beranggapan makanan ini mengandung banyak lemak dan kalori.


Tahukah Anda, dilansir Times of India mengatakan bahwa keju memiliki khasiat yang berguna bagi kesehatan. Lemak baik pada keju membantu meningkatkan kolesterol baik yang mencegah penyakit jantung dan stroke.


Parmesan adalah jenis keju keras yang berasal dari Italia. Keju ini terbuat dari susu mentah dan tidak dipasteurisasi. Setelah mengalami proses yang panjang, keju dibiarkan menua setidaknya selama dua belas bulan untuk membunuh bakteri berbahaya dan menghasilkan rasa yang kompleks.


Keju parmesan memiliki tekstur berpasir, dan rasa buah-kacang yang kuat. Terkadang, keju dibiarkan selama tiga atau empat tahun untuk menghasilkan rasa yang jauh lebih kuat. Parmesan merupakan jenis keju yang populer dan mengandung sejuta manfaat baik di dalamnya.


Parmesan adalah keju yang paling kaya protein di dunia, dan sangat padat protein sehingga dikatakan mengalahkan kandungan protein pada daging. Porsi 100 gram keju parmesan mengandung 35,8 gram protein yang tinggi. Singkatnya, 100 gram dada ayam, bagian paling kaya protein dari seekor ayam hanya mengandung 31 gram protein.


Parmesan sarat dengan sejumlah vitamin dan mineral esensial. Dalam keju enak ini telah dikemas lengkap vitamin A, B2, B12, dan D, dan kaya akan kalsium, bahkan mengandung 110% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan, fosfor, natrium, selenium, seng, dan magnesium.

YesDok Ads


Asam lemak omega-3 sulit ditemukan secara alami dalam makanan selain makanan hidangan laut. Meskipun kandungan omega-3 dalam parmesan sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah yang ada dalam makanan laut, ia menawarkan jumlah asam lemak yang wajar. Asam lemak ini berperan dalam mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.


Selain itu probiotik dari parmesan membantu pencernaan bekerja baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa keju parmesan mengandung spesies Lactobacillus, yakni bakteri ramah usus yang membantu mengatasi masalah pencernaan seperti gas berlebih dan diare.


Kini Anda sudah tahu bahwa parmesan miliki segudang manfaat, bukan, maka tak perlu khawatir lagi konsumsi keju jenis ini. “Parmesan hanyalah salah satu dari banyak jenis keju yang menawarkan begitu banyak manfaat. Tentu semua keju memiliki manfaat kesehatannya sendiri,” peneliti menambahkan.

 

(Foto: dorismarket)

YesDok Ads