Manfaat Kandungan Bakuchiol untuk Perawatan Wajah

August 18, 2022 | Helmi

manfaat bakuchiol

Bakuchiol adalah alternatif alami yang merupakan turunan dari tumbuhan untuk pengganti retinoid atau retinol, yang merupakan bahan kimia berbasis vitamin A yang membantu meningkatkan pergantian sel-sel kulit dan merangsang sintesis kolagen untuk kulit yang lebih halus dan lebih bercahaya. 

“Bakuchiol berasal dari biji Psoralea corylifolia, juga dikenal sebagai tanaman babchi. Telah ditemukan dalam pengobatan Ayurveda dan Timur selama berabad-abad,” kata dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick, MD, asisten profesor klinis dermatologi di NewYork-Presbyterian Weill Cornell Medical Center di New York City. 

Manfaat Bakuchiol untuk Wajah

Baru-baru ini, bakuchiol telah diformulasikan menjadi produk perawatan kulit yang dimaksudkan untuk mengurangi munculnya kerutan.

Secara keseluruhan, sejumlah kecil percobaan telah menyelidiki bakuchiol dan manfaatnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bakuchiol dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

Misalnya, satu studi acak tersamar ganda menemukan bahwa krim bakuchiol 0,5 persen yang digunakan selama 12 minggu sama efektifnya dalam mengurangi kerutan dan hiperpigmentasi seperti krim retinol 0,5 persen — dan membawa lebih sedikit efek samping seperti pengelupasan dan perih. 

Bahannya mungkin juga efektif untuk jerawat. Dalam sebuah studi percontohan, krim bakuchiol 0,5 persen topikal menurunkan jumlah lesi inflamasi dan mengurangi perubahan warna yang tersisa dari bintik-bintik jerawat yang sembuh, para peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa bakuchiol mungkin efektif untuk jerawat ringan hingga sedang, terutama pada kulit berwarna. 

Penting untuk menunjukkan bahwa penelitian ini dilakukan hanya pada 13 orang, jadi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya seberapa efektif bakuchiol dalam mengobati jerawat dan bagaimana perbandingannya dengan retinoid, yang umumnya direkomendasikan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang. 

Cara Menambahkan Bakuchiol ke Rutinitas Perawatan Kulit Anda

Pertama, bersihkan dan keringkan kulit Anda, lalu oleskan produk bakuchiol Anda diikuti dengan pelembab. 

Tetapi jika kulit Anda sangat sensitif atau rentan terhadap kekeringan, Anda dapat mengoleskan pelembab sebelum bakuchiol, yang akan membantu menahan potensi iritasi.

Anda dapat menggunakan bakuchiol hingga dua kali sehari, sekali di malam hari dan sekali di pagi hari, tergantung seberapa baik kulit Anda mentolerirnya.

Karena bakuchiol merangsang pergantian sel kulit, oleskan tabir surya sebagai langkah terakhir di pagi hari untuk melindungi kulit.

YesDok Ads