Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

May 29, 2021 | Iman

Kacang merah

Kacang merah dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan, selain itu bahan makanan ini pun tidak mahal dan serbaguna.

Menambahkan kacang merah ke menu makanan Anda adalah salah satu cara mudah untuk meningkatkan asupan protein dan serat tanpa banyak kalori. 

Kacang merah dikenal sebagai makanan rendah kalori yang mengandung karbohidrat kompleks dalam dosis yang sehat yang berasal dari pati. Pati sendiri memberi tubuh energi yang cepat, selain itu kacang merah juga memiliki sedikit gula alami.

Berikut adalah beberapa manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan.

Membantu Berat Badan yang Sehat

Mengganti makanan padat energi dengan kacang-kacangan telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada pencegahan dan pengelolaan obesitas dan gangguan  kesehatan lainnya seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan metabolisme.

Menurunkan Kolesterol

YesDok Ads

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa memasukkan kacang-kacangan dalam menu makanan Anda membantu menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Penelitian lain menemukan bahwa banyak konsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat membantu meningkatkan kontrol glikemik jangka panjang.

Mendukung Bakteri Baik

Serat dan pati resisten dalam kacang merah bertindak sebagai prebiotik yaitu seperti memberi makan bakteri baik di usus sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan bahkan dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. 

(Foto : pixabay)

YesDok Ads