Manfaat Jus Wortel Bagi Ibu Hamil, Wajib Coba!

September 27, 2020 | Aqiyu

Jus wortel

Menjaga asupan kebutuhan cairan harian ibu hamil sangatlah penting. Selama tubuh ibu hamil terhidrasi, maka janin dalam kandungan pun tidak akan mengalami dehidrasi. Itu megapa ibu hami disarankan untuk mengonsumsi sekitar 10 gelas air putih per harinya.

Selain meminum air putih, ibu hamil juga dapat memenuhi asupan cairan dengan mengonsumsi makanan yang berkuah, buah-buahan yang dengan kandungan air yang tinggi serta jus yang menyegarkan. Salah satu jus yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jus wortel.

Wortel penuh dengan biotin, molibdenum, serat makanan, kalium, vitamin K, B1, B6, B2, C, dan E, mangan, niacin, asam panthothenic, folat, fosfor, dan tembaga. Kandungan tersebut membantu mengobati dan mencegah penyakit seperti kanker dan diabetes serta memperbaiki penglihatan, kulit, rambut, dan kuku.

YesDok Ads

Jus wortel memiliki cita rasa yang manis, jus wortel juga menyimpan banyak manfaat bagi ibu hamil sebagai berikut:

  1. Wortel merupakan sumber betakaroten yang baik. Sehingga efektif meningkatkan kesehatan mata ibu hamil dan janin.
  2. Kandungan vitamin C yang tinggi pada wortel dapat meningkatkan produksi kolagen yang menjaga kesehatan kulit dan tulang.
  3. Potassium dalam wortel mampu menstabilkan detak jantung sehingga menjaga sirkulasi darah pada pada ibu hamil tetap lancar.
  4. Jus wortel mengandung kaya serat yang baik untuk mengatasi konstipasi atau sembelit dan menjaga kesehatan saluran cerna.
  5.  Vitamin B dan asam folat wortel dapat mencegah cacat lahir pada bayi. karena kedua kandungan tersebut mampu membantu perkembangan sistem saraf dan otak bayi.

Meski jus wortel memiliki manfaat yang baik, namun ibu hamil tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Vitamin A yang terlalu tinggi dapat mengganggu tumbuh kembang janin. Kandungan karoten yang terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabakan ibu hamil terkena karotenemia yang membuat kulit ibu hamil berwarna kuning.  

(Foto: momjunction)

YesDok Ads