Diet
+1

Manfaat Diet Berbasis Tumbuhan yang Perlu Diketahui

July 12, 2021 | Iman

Buah alpukat

Olahraga kardio menawarkan manfaat besar untuk jantung. Tetapi ketika menyangkut nutrisi untuk kesehatan jantung yang lebih baik, mungkin diet berbasis tumbuhan adalah pilihan tepat.

Para peneliti melihat data dari studi nutrisi yang diikuti sekitar 5.000 orang selama 30 tahun, melacak pilihan makanan mereka serta prevalensi penyakit kardiovaskular dan stroke.

Dua jenis diet, rendah lemak dan nabati, keduanya dikaitkan dengan kolesterol "jahat" LDL yang lebih rendah, tetapi yang terakhir juga dikaitkan dengan penurunan risiko jantung jangka panjang.

Pola makan nabati menekankan buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan ikan sambil membatasi daging merah dan olahan, makanan manis, camilan asin, dan soda. Diet rendah lemak berfokus pada penurunan lemak jenuh dalam diet sebanyak mungkin.

Studi lama merekomendasikan makan makanan jenuh dalam jumlah rendah, ini tidak salah. Kini dikatakan pola makan nabati mungkin lebih baik. Hal ini karena diet rendah lemak tidak memperhitungkan lemak sehat yang berasal dari sumber nabati, msalnya kenari, alpukat, dan minyak zaitun.

YesDok Ads

Diet nabati dikatakan mendukung kesehatan jantung dalam banyak hal, termasuk menurunkan kolesterol total, mendukung pencernaan yang sehat, dan menjaga fungsi ginjal dan kesehatan tulang. “Faktor utama lainnya adalah pola makan nabati akan tinggi serat, antioksidan, vitamin, dan mineral,” kata nutrisionis, Shena Jaramillo.

 Pola makan nabati masih memiliki banyak lemak sehat, mereka cenderung lebih banyak asam lemak tak jenuh, yang lebih sehat untuk tubuh dan jantung. Dalam hal mengapa produk susu rendah lemak cenderung dimasukkan dalam jenis diet ini berlawanan dengan yogurt susu murni, misalnya Jaramillo mengatakan produk susu tinggi lemak biasanya menambahkan lemak tanpa menambahkan lebih banyak nutrisi.

Susu utuh lebih tinggi lemak jenuhnya daripada produk nabati seperti alternatif susu. “Meskipun tidak apa-apa untuk mendapatkan lemak jenuh dan trans di siang hari dalam jumlah sedang, terlalu banyak dari ini berpotensi menimbulkan masalah bagi kesehatan jantung dalam jangka panjang,” kata Jaramillo lebih jauh menjelaskan.

Namun, perlu dicatat bahwa susu penuh lemak membuat Anda merasa kenyang lebih lama, jadi Anda tidak mengemil kalori kosong di kemudian hari, dan lemak memungkinkan penyerapan nutrisi tertentu.

Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan ahli nutrisi atau medis jika Anda mempertimbangkan untuk mengubah diet Anda untuk memenuhi tujuan kesehatan dan kinerja spesifik.

YesDok Ads