Diet
+1

Manfaat Daun Bawang

April 30, 2021 | Kaifia

daun bawang

Daun bawang adalah sayuran yang biasa digunakan dalam masakan lokal. Daun bawang mengandung flavonoid, vitamin A, E dan K, serta serat dalam kadar tinggi. Daun bawang kaya akan senyawa seperti kalium, kalsium, magnesium, tembaga dan zat besi.

Berikut manfaat daun bawang bagi kesehatan:

Mengandung Berbagai Macam Nutrisi

Daun bawang kaya nutrisi, artinya rendah kalori namun tinggi vitamin dan mineral. Daun bawang juga merupakan sumber daya mangan yang baik, yang dapat membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi dan meningkatkan kesehatan tiroid.

Melindungi Kesehatan Jantung

Daung bawang adalah makanan ramah jantung karena jumlah folat yang ada di seluruh tanaman. Senyawa ini dapat membantu melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan.

Dengan bantuan kaempferol flavonoid yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada daun bawang, terbukti bahwa makanan ini dapat menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit. Selain itu, antioksidan yang tinggi dapat memberikan perlindungan pada pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

YesDok Ads

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Daun bawang kaya akan potasium. Konsumsi rutin senyawa ini terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan meningkatkan kontraktilitas otot jantung, kalium meningkatkan aliran darah dan karena nya, oksigen, ke seluruh tubuh kita. Melebarkan pembuluh darah, nutrisi yang tersedia dalam jumlah tinggi pada daun bawang mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit lain.

Penting untuk Kesehatan Sistem Saraf 

Daun bawang merupakan salah satu sumber vitamin B6 yang bertanggung jawab untuk kesehatan sistem saraf kita.

Sayuran ini terbukti penting untuk mengurangi kelelahan dan menenangkan efek stres sehari-hari. Daun baang mempunyai mangan, vitamin C dan folat tingkat tinggi dapat membantu mempertahankan fokus yang stabil dan mengjindari kelelahan.

Mengurangi Risiko Katarak

Katarak adalah kondisi mata yang dapat menyebabkan pengaburan pada lensa alami. Pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan. Senyawa dalam daun bawang, seperti zeaxanthin dan lutein dapat menciptakan penghalang pelindung terhadap katarak.

YesDok Ads