Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil

December 11, 2022 | Aqiyu

Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil

Pernah mendengar larangan ibu hamil tidak boleh makan nangka? Buah nangka sebenarnya boleh dikonsumsi oleh ibu hamil namun dengan catatan ibu hamil tidak mengalami mual dan punya riwayat asam lambung. Tapi apakah ada Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil? Yuk simak berikut ini.

Bagi ibu hamil yang  memiliki riwayat asam lambung atau selama kehamilan mengalami mual dan muntah yang hebat, sebaiknya hindari dulu mengonsumsi buah nangka. Karena buah nangka bisa memicu produksi gas dan asam lambung yang nantinya akan membuat kembung dan nyeri. Ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes juga dianjurkan untuk menahan hasrat untuk mengonsumsi buah nangka. Karena buah nangka bisa membuat indeks glikemik atau gula darah lebih cepat naik.

Sedangkan bagi ibu hamil yang sehat, buah nangka boleh dikonsumsi malah justru mengandung banyak manfaatnya sebagai berikut:

Mencegah sembelit

Ibu hamil sangat rentan mengalami sembelit. Sembelit ini dapat membuat ibu hamil tidak nyaman apalagi dengan kondisi perut yang besar akan membuat terasa lebih begah. Buah nangka dapat menambah asupan serat yang berguna untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

Menambah energi

Tak jarang ibu hamil mengalami kelelahan dan lemas saat beraktivitas sehari-hari. itulah kenapa ibu hamil membutuhkan asupan yang dapat memberikan banyak energi. Nah, buah nangka dapat menjadi salah satu makanan penambah energi yang bisa dikonsumsi selama hamil.

YesDok Ads

Menjaga tekanan darah stabil

Tekanan darah tinggi atau rendah terkadang dapat dialami oleh ibu hamil, sekalipun tidak memiliki riwayat darah tinggi atau rendah. Selama kehamilan menjaga tekanan darah tetap stabil sangatlah penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Mengonsumsi buah nangka dapat membantu menjaga tekanan darah ibu hamil tetap stabil.

Meredakan keluhan kram kaki

Kram kaki pada saat hamil biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon yang mengakibatkan penumpukan cairan tubuh. Buah nangka dapat membantu meredakan keluhan kaki kram yang dialami oleh ibu hamil.

Mendukung tumbuh kembang janin

Buah nangka memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Hal inilah yang membuat buah nangka dapat menjaga kesehatan ibu hamil beserta janinnya serta mendukung tumbuh kembang janin.

Berikut Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil. Konsultasi apa yang boleh dimakan dan tidak untuk ibu hamil, pada dokter spesialis gizi atau anak di aplikasi YesDok.

(foto: mom news daily)

YesDok Ads