Manfaat Buah Naga, Membentuk Kolagen Hingga Anti Kanker

November 28, 2021 | Aqiyu

Buah naga

Siapa yang tidak tahu buah naga? Buah berwarna merah dan putih memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang lembut. Sehingga buah naga dapat dinikmati mulai dari bayi yang MPASI hingga orang dewasa. Selain rasanya yang enak, buah naga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah naga mengandung karbohidrat 11,50%, air 90,20%, protein 0,53%, serat 0,17%, lemak 0,40%, kalsium 6-10 mg/100g, fosfor 8,70% dan vitamin C 9,40%. Untuk buah naga yang berdaging warna merah mengandung beta carotene. Melihat kandungannya yang begitu banyak, berikut manfaat buah naga untuk kesehatan:

Mencegah migrain

Kandungan vitamin B2 dan B3 dapat mencegah berbagai penyakit seperti migrain, katarak, penyakit jantung dan preeklamsia pada ibu hamil.

Merangsang pembentukan kolagen

Pembentukan kolagen sangat penting untuk kesehatan kulit Anda. Buah naga mengandung vitamin C yang dapat membantu memproduksi lebih banyak kolagen. Rutin mengonsumsi buah naga dapat menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Melindungi dari radikal bebas

YesDok Ads

Buah naga kaya akan antioksidan dan antosianin. Keduanya berperan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas dan jaringan serta sel sehingga menurunkan risiko kanker. Buah naga juga tinggi serat yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan.

Memelihara kesehatan tulang

Buah naga mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tulang. Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat membuat tulang mudah mengalami osteoporosis. Selain untuk kesehatan tulang, kandungan kalsium juga baik untuk organ lain seperti jantung, otot dan saraf.

Mencegah anemia

Rutin mengonsumsi buah naga dapat mencegah tubuh dari kekurangan darah atau anemia. Hal ini karena buah naga mengandung zat besi sebagai bahan baku untuk dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dan penambah darah.

(Foto: healthline)

YesDok Ads