Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

September 29, 2019 | Iman

Disebut sebagai 'Ratu buah tropis', buah eksotis ini tampak seperti brinjal berbentuk bundar karena kulitnya yang ungu tua dan kelopaknya berwarna hijau muda. Buah tersebut kita kenal dengan buah Manggis. Salah satu buah yang memiliki rasa manis, harum, dan lezat yang tumbuh di hutan hujan tropis Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan beberapa bagian di India dan Srilanka.


Manggis dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan karena memiliki sifat anti-kanker, anti-peradangan, antioksidan, astringent, dan antibakteri dan juga sarat dengan banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Berikut adalah Manfaat Kesehatan Dari Manggis seperti dilansir laman Boldsky.

1.Meminimalkan stres oksidatif

Manggis adalah buah pembangkit tenaga antioksidan karena mengandung nutrisi antioksidan penting seperti folat dan vitamin C. Buah ini juga mengandung xanthones, senyawa tanaman unik dengan sifat antioksidan kuat yang dapat membantu meminimalkan stres oksidatif di dalam tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang ditemukan dalam manggis dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan untuk meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manggis kaya akan mineral seperti tembaga, magnesium, kalium, dan mangan yang dapat membantu mengatur tekanan darah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berbagai kandungan tersebut juga membantu mencegah timbulnya masalah kardiovaskular lainnya seperti serangan jantung.

4. Mencegah risiko penyakit radang

YesDok Ads

Kandungan serat yang tinggi pada manggis dapat mencegah risiko beberapa gangguan yang disebabkan oleh peradangan seperti asma, hepatitis, alergi, flu dan lainnya.

5. Menjaga kulit yang sehat

Sifat antioksidan dari buah manggis dapat mencegah kulit dari kerusakan radiasi ultraviolet. Selain itu kandungan vitamin C dan properti anti-mikroba dari manggis juga membantu mengobati jerawat, memberikan kilau alami pada kulit.

6. Mengobati masalah pencernaan

Kandungan serat makanan yang tinggi dalam buah ini membantu meringankan sembelit. Selain itu, kulit buahnya efektif dalam mengobati diare dan masalah disentri.


7. Membantu dalam pengelolaan berat badan

Buah berair ini memiliki kandungan serat tinggi, rendah kalori, nol lemak jenuh, dan nol kolesterol. Semua sifat ini menjadikan manggis sebagai makanan kaya serat dan makanan sehat yang dapat membantu dalam pengelolaan berat badan.

(Foto : Healthline.com)

YesDok Ads