Diet
+1

Manfaat Buah Leci untuk Penderita Diabetes

April 29, 2021 | Claudia

Leci

Sukakah Anda mengonsumsi buah leci? Buah leci memiliki rasa yang manis dan memanjakan lidah, tak heran banyak orang menyukainya. Tapi tak hanya itu, buah leci juga mengandung sederet nutrisi yang baik untuk tubuh Anda.

Manisnya buah leci jelas tidak perlu ditanya lagi, untuk itu, banyak yang bertanya, bolehkah buah leci dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Berikut manfaat buah leci untuk penderita diabetes.

Memiliki efek antidiabetes

Menurut sebuah penelitian, fenolat yang ditemukan dalam buah leci menunjukkan aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, antidiabetes, dan imunomodulator yang kuat. Mengonsumsi buah leci dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas pada pankreas, karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya, selain itu, buah leci juga mampu meningkatkan produksi insulin.

Mencegah katarak akibat diabetes

YesDok Ads

Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi masalah kesehatan, salah satunya katarak. sebuah penelitian menunjukkan bahwa leci berperan penting dalam mencegah kondisi katarak akibat diabetes.

Mencegah timbulnya alzheimer terkait diabetes

Diabetes melitus tipe-2 dapat berkontribusi pada perkembangan Alzheimer atau demensia yang menyebabkan gangguan kognitif pada penderita diabetes. Leci memiliki efek pelindung saraf yang dapat membantu meningkatkan kemampuan memori dan memperlambat perkembangan penyakit degeneratif.

Meningkatkan kekebalan

Hiperglikemia bertanggung jawab atas disfungsi sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan penyebaran patogen pada penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, senyawa bioaktif dalam leci dapat membantu meningkatkan produksi makrofag yang membantu menghancurkan patogen dan dengan demikian meningkatkan kekebalan tubuh.

YesDok Ads