0 Point
berolahraga pada jam kerja

Manfaat Berolahraga pada Jam Kerja

Olahraga, kita semua tahu bahwa kita membutuhkannya namun banyak juga dari kita yang tidak menyukainya dan hampir semua dari kita kesulitan menemukan waktu untuk melakukannya.

Tidak seperti tidur, olahraga bukanlah sesuatu yang akan terjadi begitu saja pada diri kita setiap hari. Kita perlu secara aktif menemukan waktu yang pas untuk melakukannya. Dan banyak orang melakukannya selama aktivitas yang menghabiskan paling banyak waktu sehari harinya yaitu saat kerja.

Olah Raga pada Jam Kerja

Berolahragalah mulai hari ini dan Anda akan tampil lebih baik, merasa lebih baik, dan bahkan bekerja lebih baik. Manfaat ini telah diketahui sejak lama.

Para peneliti yang melakukan sebuah studi di Inggris pada 2008 menemukan bahwa lebih dari 200 pegawai yang punya akses dan memanfaatkan sasana kebugaran (gym) yang disediakan perusahaan, akan lebih produktif, dan pulang dengan perasaan lebih puas pada hari-hari ketika mereka berolahraga di jam kerja.

Pada 2013, studi lainnya menunjukkan bahwa, terlepas dari usia, orang-orang merasakan "manfaat langsung" bagi kerja otak ketika mereka melakukan "satu sesi olahraga ringan", misalnya 15 menit mengayuh di sepeda statis. Temuan ini menunjukkan bahwa berolahraga pada jam kerja bisa lebih baik daripada berlatih di gym sebelum atau sesudah ngantor.

Semua manfaat itu adalah tambahan atas semua manfaat biasa dari aktivitas fisik, termasuk penurunan berat badan, tidur yang lebih baik, hubungan seks lebih baik, suasana hati lebih baik, dan tidak mudah sakit.

Pelatih pribadi, instruktur kebugaran, dan ahli gizi di University of Birmingham Sport, cabang kebugaran fisik dari universitas Inggris tersebut, Peter Antonio,menyebut waktu istirahat makan siang sebagai "kesempatan emas" untuk berolahraga.

“Tidak hanya ia membantu tujuan kebugaran, tapi juga "memberi Anda rasa pencapaian yang dapat bertahan selama sisa hari itu,” katanya.

Antonio menambahkan bahwa Anda yang berolahraga di siang hari mendapati diri mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan lebih jarang sakit. Selain itu, olahraga bagus untuk kesehatan mental, memberikan kesempatan untuk membebaskan diri dari stres akibat gelombang rapat dan email setiap hari.

Beberapa orang membuat argumen serupa untuk mempertahankan waktu istirahat dan pendidikan jasmani di sekolah dasar dan menengah. Penelitian di sana juga menunjukkan bahwa beristirahat dari tugas yang berulang dan menjauh sejenak dari ruang kelas membantu siswa untuk belajar dengan lebih baik.

“Baik itu bergerak selama lima menit atau satu jam, ada manfaat kesehatan yang nyata dari jenis aktivitas apapun selama jam kerja," kata Sandy Todd Webster, kepala editor IDEA Health & Fitness Association, organisasi yang menghubungkan lebih dari 14.000 pelatih pribadi dan pakar kebugaran di seluruh dunia.

"Jika Anda bisa berjalan atau bergerak dengan cara apapun, lakukanlah. Anda tidak butuh gym. Kesempatan untuk bergerak ada di mana-mana," ujarnya.

"Bawalah sepasang sepatu atletik dan kaus kaki ke kantor dan pokoknya keluar dan bergerak pada jam istirahat atau kapanpun Anda bisa keluar selama 10 atau 20 menit," tambah Todd Webster.

(Foto : EHS Today)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok