Manfaat Berlari di Tangga bagi Kesehatan

October 26, 2019 | Iman

Bagi sebagian besar orang, olahraga berarti berlari, bersepeda, berenang, hingga angkat beban di pusat kebugaran. Sebetulnya tidak hanya itu, ada berbagai variasi latihan yang dapat dilakukan dengan fleksibel  untuk tetap bugar, salah satunya menaiki tangga.
 

Menaiki tangga bisa menjadi latihan yang cukup efektif untuk membangun kekuatan, otot, dan meningkatkan keseimbangan Anda. Bahkan jika Anda adalah seseorang yang mencoba menurunkan berat badan maka olahraga tangga dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan mengencangkan otot Anda.


Menaiki tangga sebetulnya bisa dilakukan di mana saja termasuk kantor dan stasiun transportasi umum. Aktivitas sederhana ini juga dipercaya dapat membantu Anda meningkatkan fungsi aktivitas harian Anda. Dilansir Times of India, berikut adalah empat manfaat kesehatan dari latihan menaiki tangga


1. Menguatkan Otot

Kerja otot akan dipacu lebih untuk bekerja ketika Anda menaiki tangga dibandingkan dengan berjalan di permukaan datar. Saat Anda bergerak di tanah yang rata, itu hanya otot-otot kaki Anda yang terlibat di dalamnya, sementara saat menaiki tangga itu berfungsi melatih glutes, paha depan, dan paha belakang Anda. Jelas jika ini dilakukan secara rutin mungkin menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan otot yang kuat dan jauh dari lemak.
 

2. Melatih Stamina

Saat menaiki tangga, otot-otot yang menstabilkan di kaki, pergelangan kaki, dan tendon peroneal Anda bergerak untuk menjaga keseimbangan. Apalagi jika melakukan aktivitas ini setiap hari akan membuat stamina Anda menjadi lebih baik. Awalnya, Anda mungkin cepat lelah, tapi jika dilakukan rutin pasti membuat Anda senang dan bersemangat setiap hari.

 
3. Baik Bagi Tekanan Darah

Menurut sebuah penelitian, menaiki tangga baik bagi kesehatan jantung dan mengatur tingkat tekanan darah. Aktivitas ini membantu untuk menyumbat arteri dan meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan.


4. Baik Bagi Kesehatan Mental

Saat tubuh memompa darah, Anda mengalami adrenalin, yang meningkatkan suasana hati Anda dengan baik. Tentunya, kebiasaan positif ini mampu mengurangi stres dan kecemasan lebih di kantor khususnya.

(Foto: coachup.com)

YesDok Ads