Manfaat Bawang Putih Selama Musim Dingin

January 16, 2022 | Iman

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, terutama selama musim dingin. Musim dingin dapat membawa banyak masalah pernapasan hingga imunitas. Bawang putih, dalam beberapa hal dianggap membantu mencegah gangguan masalah tersebut karena senyawa aktifnya.

Menurut penelitian, allicin, senyawa bioaktif utama dalam bawang putih memiliki banyak manfaat terapeutik seperti antibiotik, antioksidan, kardioprotektif, dan antimikroba. Berikut beberapa manfaat bawang putih.

Melawan batuk dan pilek

Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antimikroba yang kuat, kata sebuah penelitian. Sifat-sifat ini dapat membantu orang melawan patogen batuk dan pilek yang tinggi selama musim dingin. Bawang putih terutama dikonsumsi sebagai bumbu dan ditambahkan ke makanan, namun, beberapa orang juga menggunakan suplemen bawang putih untuk meningkatkan kekebalan dalam pengobatan flu dan batuk.

Meningkatkan imunitas

Para ahli mengatakan bahwa suhu dingin selama musim dingin cenderung menekan sistem kekebalan dan memungkinkan patogen dengan mudah menyerang tubuh. Allicin dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, menekan sitokin inflamasi dan membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah patogen.

Memberikan kehangatan pada tubuh

Suhu yang rendah saat musim dingin dapat meningkatkan risiko gangguan jantung, pencernaan dan pernapasan bahkan dapat menyebabkan kematian. Karakteristik rasa pedas bawang putih cenderung meningkatkan panas dan empedu dalam tubuh dan dengan demikian, meningkatkan suhu tubuh.

Melawan alergi musim dingin

YesDok Ads

Sebuah penelitian menyebutkan efek anti-alergi dari bawang putih hitam tua, sejenis bawang putih yang dibuat dengan mengolah siung bawang putih mentah dengan beberapa proses penuaan. Studi tersebut mengatakan bahwa etil asetat dalam bawang putih hitam tua memiliki efek anti-alergi, mencegah reaksi alergi yang dimediasi kekebalan seperti asma selama musim dingin.

Menjaga kolesterol terkendali

Untuk mengatasi suhu dingin di sekitar, orang biasanya cenderung meningkatkan asupan makanannya untuk menjaga suhu tubuh dan mengurangi aktivitas fisik di luar ruangan. Kegiatan ini memperparah kolesterol dalam tubuh mereka dan membuat orang rentan terhadap penyakit jantung. Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung karena kandungan potasium dan magnesium.

Menjaga pencernaan yang baik

Bawang putih adalah salah satu obat tradisional populer yang dapat membantu mengatur pencernaan dan mencegah masalah yang terkait dengannya. Bawang putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk pencernaan yang lebih mudah.

Mencegah sakit gigi

Musim dingin cenderung menyebabkan banyak masalah mulut dan gusi. Penurunan suhu selama cuaca dingin menurunkan aliran darah dan meningkatkan tekanan pada saraf mulut, yang dapat menyebabkan sakit gigi atau sakit gigi. 

Sifat pedas pada bawang putih dapat membantu meningkatkan suplai darah ke area gigi sementara aktivitas anti-inflamasinya dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Bawang putih juga dapat membantu mengurangi risiko periodontitis dan karies gigi karena kandungan senyawa allicin.

YesDok Ads