Mandi Air Dingin Sebelum Tidur Memengaruhi Tidur Anda

May 03, 2021 | Iman

mandi

Mandi air dingin biasanya merupakan kejadian yang tidak menyenangkan juga sehat. Namun, beberapa orang kini percaya manfaat mandi air dingin untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

Para peneliti menemukan bahwa paparan dingin mengaktifkan sistem saraf simpatis. Akibatnya, tubuh melepaskan hormon seperti norepinefrin dan kortisol. Norepinefrin secara khusus memicu reaksi di pembuluh darah tubuh yang dirancang untuk mendistribusikan kembali darah dan menghangatkan tubuh.

Tubuh melepaskan kadar kortisol sepanjang hari yang mengikuti pola yang dapat diprediksi. Kortisol biasanya memuncak sekitar jam 9 pagi dan turun ke titik terendah sekitar tengah malam. Beberapa penelitian telah menghubungkan peningkatan kadar kortisol di malam hari dengan tidur yang lebih buruk.

Untuk menguji teori bahwa mandi air dingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, peneliti mengacak lebih dari 3.000 peserta menjadi empat kelompok percobaan: satu kelompok hanya mandi air panas, sementara tiga kelompok lainnya mandi air panas dan air dingin selama 30, 60, atau 90 detik di akhir waktu mandi mereka.

Para peneliti mengukur faktor-faktor seperti penyakit yang dilaporkan dan hari sakit selama 30 hari. Mereka menemukan bahwa kelompok yang memasukkan semburan air dingin selama mandi mengalami penurunan 29 persen pada hari-hari sakit dibandingkan mereka yang hanya mandi air panas.

Para peneliti berteori air dingin mungkin telah membantu mengurangi intensitas gejala sakit yang dirasakan. Atlet profesional telah lama menggunakan mandi es untuk meredakan nyeri otot setelah pertandingan atau balapan. Meskipun mandi air dingin dapat meningkatkan kadar hormon pada mereka yang tidak banyak bergerak dan mandi air dingin, efek sebaliknya dapat terjadi pada mereka yang berolahraga.

YesDok Ads

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mandi air dingin setelah berolahraga mampu menurunkan detak jantung mereka lebih cepat dan merasa lebih nyaman, dibandingkan dengan mereka yang tidak mandi air dingin.

Mana yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas tidur: mandi air panas atau air dingin?

Penelitian yang tersedia tentang efek mandi air panas atau dingin pada tidur menunjukkan bahwa orang memiliki berbagai respons terhadap suhu air.  Secara umum, ada lebih banyak data yang mendukung bahwa mandi air panas membantu meningkatkan kualitas tidur. Kondisi ini mungkin karena mandi air hangat dianggap menenangkan, sedangkan mandi air dingin dianggap merangsang.

Mandi sebelum tidur dapat menjadi bagian dari strategi tidur yang lebih baik secara keseluruhan, tetapi tidak banyak penelitian yang mendukung gagasan bahwa mandi air dingin adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda mendapati bahwa air dingin sebelum tidur membantu lebih nyenyak di malam hari, pertimbangkan untuk memasukkannya sebagai bagian dari rutinitas malam Anda.

YesDok Ads