Diet
+1

Mampukah Semangka Bantu Penurunan Berat Badan?

April 24, 2022 | Iman

Buah semangka

Banyak orang merekomendasikan semangka untuk menurunkan berat badan. Lantas, apakah semangka benar-benar membantu menurunkan berat badan? Apa manfaat kesehatan lain yang ditawarkannya?

Semangka termasuk dalam famili Cucurbitaceae seperti mentimun. Hal ini menjelaskan mengapa rasanya mirip dan memiliki lebih banyak kandungan air di dalamnya.

Nutrisi semangka

100 gram semangka mengandung 30 kalori, 0,6 gram protein, 7,6 gram karbohidrat, 6,2 gram gula dan 0,4 gram serat. 91% semangka terdiri dari air.

Buah manis yang lezat ini menjadi favorit semua orang, namun banyak orang yang ragu untuk mengonsumsinya setiap hari. Indeks glikemik semangka adalah 72, yang jauh lebih tinggi dan biasanya tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Namun, sesuai dengan beberapa laporan kesehatan, semangka dikatakan masih aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Selain itu, semangka mengandung vitamin C, potasium, tembaga, vitamin B5, dan vitamin A bersama dengan senyawa tanaman citrulline dan lycopene. Bagian putih yang menutupi daging buah semangka berwarna merah adalah citrulline yang diubah menjadi asam amino esensial arginin. Arginin penting untuk fungsi normal paru-paru, ginjal, hati dan sistem reproduksi.

Mampukah bantu penurunan berat badan?

YesDok Ads

Dua parameter penting yang biasanya diperiksa orang sebelum mempertimbangkan makanan untuk menurunkan berat badan adalah: kalori dan serat.

100 gram semangka hanya terdiri dari 30 kalori. Satu irisan utuh membawa 100 kalori. Selain itu, komposisi airnya yang 90% menjadikannya kandidat ideal untuk menurunkan berat badan.

100 gram semangka hanya mengandung 0,4 gram serat. Jika Anda ingin menambahkan semangka ke dalam makanan, Anda perlu menambahkan sumber serat yang baik juga. Selain itu, semua citrulline ini juga dapat membantu dalam pembakaran lemak.

Sebuah laporan Harvard menyebut semangka mengandung beberapa nutrisi yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan jantung. Salah satunya adalah likopen, antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Sedanhkan citrulline, merupakan asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, zat dikenal untuk menurunkan tekanan darah.

Bahaya konsumsi berlebih

Makan semangka terlalu banyak tidak mempercepat pembakaran lemak di tubuh, tetapi justru dapat memicu komplikasi lain.

Makan semangka secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan air karena 91% terdiri dari air. Hal juga dapat menyebabkan peradangan hati, lonjakan kadar glukosa, masalah pencernaan, dan masalah kardiovaskular.

YesDok Ads