Mampukah Asupan Vitamin Membuat Kulit Bercahaya?

September 25, 2021 | Iman

Makanan mengandung vitamin

Dalam hal perawatan kulit, kebanyakan kita cenderung fokus pada aspek eksternal seperti pembersihan, pengencangan, pelembab. Tapi seperti organ tubuh lainnya, kulit juga dipengaruhi oleh kesehatan internal salah satunya vitamin.

Vitamin memainkan peran penting dalam pembaruan sel, perbaikan kerusakan DNA, pemanfaatan nutrisi lain, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga kecantikan kulit. Berikut daftar vitamin yang dapat Anda tambahkan ke diet Anda untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

1. Vitamin A

Vitamin yang larut dalam lemak ini umumnya ditemukan dalam bentuk beta-karoten dalam makanan serta suplemen. Sebuah antioksidan kuat, itu adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam tabir surya, serum anti-penuaan, pelembab dan sebagainya. Vitamin A tidak hanya membantu Anda mendapatkan kulit yang terhidrasi dengan baik dan awet muda tetapi juga dapat membantu melawan masalah kulit seperti jerawat.

Vitamin A untuk orang dewasa yang sehat adalah 700mcg untuk pria dan 900mcg untuk wanita per hari. Makanan yang mengandung vitamin A diantaranya sayuran dan buah-buahan berwarna oranye atau kuning seperti wortel, labu kuning, paprika kuning, jeruk, pepaya, manga.

2. Vitamin C

Vitamin ini juga dikenal sebagai asam askorbat, vitamin yang larut dalam air ini hadir dalam jumlah tinggi di kulit individu yang sehat. Vitamin C sangat penting untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi peradangan. Ini juga merupakan antioksidan kuat dan dapat membantu mencegah kanker kulit serta membantu dalam penyembuhan luka dan bekas luka.

Kebutuhan harian vitamin C adalah 90 mg pada pria dan 75 mg pada wanita dalam kondisi normal dan sehat. Keluarga jeruk seperti lemon, jeruk keprok, jeruk bali, serta tomat, paprika, brokoli dan stroberi kaya akan vitamin C.

YesDok Ads

3. Vitamin E

Vitamin yang larut dalam lemak ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat baik. Vitamin E mampu menjaga kelembapan kulit, sehingga mencegah kekeringan dan iritasi, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari dan kerutan.

Asupan harian 15 mg vitamin E dianjurkan untuk orang dewasa yang sehat. Makanan yang mengandung vitamin E sepertu kacanga kacangan, minyak nabati.

4. Vitamin D

Vitamin D dapat disintesis oleh tubuh Anda ketika kulit Anda terkena sinar matahari langsung selama beberapa menit setiap hari. Namun, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker kulit dan oleh karena itu tidak dianjurkan terutama tanpa tabir surya SPF tinggi.

Vitamin D dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit dan dengan demikian melindungi kulit Anda dari kuman dan bahan kimia berbahaya juga mengatur aktivitas sel-sel kekebalan untuk mencegah aktivasi sistem kekebalan yang berlebihan. Asupan vitamin D harian yang direkomendasikan adalah 20 mcg untuk orang dewasa yang sehat. Makanan yang mengandung vitamin D terdapat pada produk susu, telur, dan ikan.

Diet yang seimbang dan sehat sangat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat luar dalam. Kekurangan nutrisi penting ini dapat membuat kulit Anda bermasalah. Jika Anda merasa tidak mendapatkan cukup vitamin melalui diet harian Anda, konsultasikan dengan dokter Anda dan mulailah mengonsumsi suplemen vitamin.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads