Diet
+1

Mampukah Air Lemon atasi Penurunan Berat Badan?

October 16, 2019 | Iman

Setiap orang menginginkan memiliki tubuh yang ideal. Segala cara dilakukan salah satunya dengan olahraga dan pola diet yang tepat. Banyak dari mereka yang percaya jika meminum air lemon di pagi hari membantu hal itu. Tapi apakah benar? 

Sejak dulu selalu ada desas-desus yang beredar jika lemon dapat secara ajaib menurunkan badan. Oleh karena itu sebuah studi lebih dalam mencoba meneliti kebenarannya sebagaimana dilansir Times of India. 

Sederhananya, lemon segar yang diperas dalam air tidak dapat menyebabkan penurunan berat badan yang sebagaimana dikatakan orang-orang, kata para ahli. Tetapi jika Anda menggunakan minuman yang tidak terlalu enak ini untuk menggantikan minuman susu atau jus buah lainnya yang mengandung kalori, maka mungkin membantu Anda menciptakan defisit kalori yang diperlukan untuk menurunkan berat badan.

Menjaga diri Anda tetap terhidrasi adalah komponen penting dari program penurunan berat badan. Sebab tubuh sering mengartikan rasa haus sebagai lapar dan akhirnya kita makan lebih dari jumlah kalori yang dibutuhkan. Dengan kata lain kebiasaan meminum air lemon membantu Anda sangat terhidrasi.

YesDok Ads

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biokimia dan Nutrisi menemukan bahwa polifenol (senyawa nabati, yang bertindak seperti antioksidan) yang ditemukan dalam jus lemon, serta kulitnya, dapat merangsang hati untuk membakar lemak. Penelitian ini dilakukan pada tikus yang diberi makan diet tinggi lemak dan diketahui hasilnya tidak persis berlaku untuk manusia sampai Anda melakukan diet ketogenik.

Air lemon sebenarnya dapat membantu mengurangi perut kembung karena bertindak seperti diuretik ringan. Tetapi jika Anda mengalami gejala kembung sejak lama atau kambuhan, air lemon mungkin tidak cukup membantu.

Tidak ada minuman yang secara ajaib dapat membantu Anda menurunkan berat badan apalagi jika itu dalam waktu singkat. "Anda perlu makan dengan baik namun defisit kalori untuk menurunkan berat badan secara sehat dan berkelanjutan," peneliti menambahkan. 

(Foto: foodnetwork.com)

YesDok Ads