Diet
+1

Makanan-Makanan Ini Membantu Pemulihan dari Demam Berdarah

January 29, 2022 | Claudia

Daun Pepaya

Selain pandemi Covid-19, saat ini, demam berdarah juga tak boleh dianggap enteng. Saat ini, kasus demam berdarah juga tengah mengintai, untuk itu, kita jangan pernah abai.

Gara-gara nyamuk Aedes aegypti, seseorang bisa terinfeksi demam berdarah. Nyamuk ini membawa virus yang bisa membuat seseorang mengalami gejala demam berdarah, yang mula-mula ditandai dengan penurunan jumlah trombosit.

Anda harus segera menyadari gejala-gejala yang terjadi, seperti sakit kepala, nyeri otot dan sendi, nyeri di belakang mata, ruam demam berdarah, kelelahan, lemas, mual, muntah, dan tekanan darah rendah. Jika gejala-gejala ini sudah terjadi, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan medis terbaik.

Selain pengobatan medis, ada juga beberapa makanan yang bisa membantu mempercepat pemulihan dari demam berdarah, apa saja?

Buah bit dan jus lemon

Buah bit merupakan buah yang luar biasa untuk mengatasi kelelahan, rasa sakit, dan berbagai gejala lainnya dari demam berdarah. Berkat kandungan zat besi yang tinggi, buah bit memiliki peran besar dalam meningkatkan produksi sel darah serta memurnikannya. Mencampurkan buah bit dan jus lemon kemudian meminumnya, bukan hanya dapat menghidrasi tubuh tetapi juga meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

Daun pepaya

YesDok Ads

Daun pepaya dianggap sebagai salah satu solusi terbaik dan paling efektif untuk melawan infeksi demam berdarah. Cuci dan potong daun pepaya, lalu masukkan ke dalam mangkuk. setelahnya, tambahkan segelas air ke dalamnya. Hancurkan secara kasar untuk membuat pasta encer dari daun pepaya. Saring daun pepaya dan minum. Ini dapat secara efektif membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Delima dan labu

Delima dan labu adalah dua buah terbaik yang juga dapat membantu Anda untuk bisa lebih cepat pulih dari infeksi demam berdarah. Buah-buahan ini berkhasiat sangat baik jika dimakan secara langsung, atau dibuat jus. Keduanya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah, berkat kandungan asam ellagic di dalamnya.

Kunyit

Kunyit dapat berkhasiat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kunyit memiliki beberapa sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antivirus yang bekerja dengan sangat baik untuk meredakan infeksi dan melawan virus. Tambahkan kunyit ke dalam masakan Anda, atau Anda juga bisa membuat susu kunyit hangat untuk membantu pemulihan dari demam berdarah.

(Foto: vaya.in)

YesDok Ads