Makanan-makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI untuk Ibu Menyusui

June 09, 2020 | Helmi

 Menyusui

Jika Anda seorang ibu, atau seorang ayah yang belajar bagaimana menangani bayi yang baru lahir, maka Anda harus tahu bahwa menyusui merupakan hal yang penting baik untum ibu dan bayinya.

Anda harus tahu bahwa pola makan sang ibu juga berperan dalam proses menyusui. Itulah mengapa penting bagi ibu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. 

Maka dari itu, berikut ini adalah makanan kaya nutrisi yang bisa mendukung ibu menyusui:

Gandum Utuh - Selain memiliki kalsium, serat, dan zat besi, karbohidrat kompleks dalam gandum membantu proses menyusi dengan merangsang hormon pitocin agar ASI menjadi lebih lancar.

Susu - Apa yang ibu makan akan menjadi makanan bangi anakn yang masih menyusui. Karena itu penting untuk memastikan bahwa Anda selalu mengisi kembali persediaan kalsium.

Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi susu. Atau Anda bisa juga menggantinya dengan produk olahan susu seperti keju misalnya.

YesDok Ads

Daun Hijau - Mengandung banyak folat, zat besi, kalsium dan magnesium, sayuran hijau seperti bayam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ibu yang sehat adalah bayi yang sehat.

Labu - Mengonsumsi labu juga memudahkan proses menyushi. Beragam nutrisi dari labu memastikan tubuh Anda terhidrasi oleh cairan yang kaya vitamin.

Ikan - Ikan seperti salmon mengandung asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk perkembangan bayi, serta untuk ibu menyusui.

Bawang putih - Meskipun biasa digunakan sebagai bumbu, bawang putih sebenarnya dapat membantu mendukung ibu yang menyusui karena dapat membantu menjaga pencernaan, menambah volume ASI, mencegah infeksi, dan bahkan mendetoksifikasi tubuh.

(Foto: telngana)

YesDok Ads