Makanan-makanan Ini Bikin Anda Jadi Lebih Fokus

May 21, 2020 | Helmi

Otak

Kafein Dapat Membuat Anda Lebih Waspada

Zat tertentu, seperti kafein, dapat memberi energi Anda dan membantu Anda berkonsentrasi. Ditemukan dalam kopi, cokelat, minuman berenergi, dan beberapa obat, kafein membuat kantuk hilang, meskipun efeknya jangka pendek. 

Namun terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat Anda gelisah dan tidak nyaman.

Gula Dapat Meningkatkan Kewaspadaan

Gula adalah sumber bahan bakar pilihan otak Anda - bukan gula meja, tetapi glukosa, yang diproses tubuh Anda dari gula dan karbohidrat yang Anda makan. Itu sebabnya segelas jus buah dapat menawarkan dorongan jangka pendek untuk daya ingat, berpikir, dan mental.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak akan membuat ingatan terganggu. Selain itu, gula juga dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes dan kondisi lainnya

Sarapan untuk Mengisi Otak Anda

Tergoda untuk melewatkan sarapan? Penelitian telah menemukan bahwa makan sarapan dapat meningkatkan daya ingat dan perhatian jangka pendek. Siswa yang memakannya cenderung berkinerja lebih baik daripada mereka yang tidak. 

Hanya saja, jangan makan berlebihan; Para peneliti juga menemukan sarapan berkalori tinggi tampaknya menghambat konsentrasi.

YesDok Ads

Konsumsi Ikan

Sumber protein yang dikaitkan dengan peningkatan otak yang hebat adalah ikan - kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci bagi kesehatan otak. Lemak sehat ini memiliki kekuatan untuk otak yang luar biasa. 

Pola makan dengan kadar yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan stroke serta penurunan mental yang lebih lambat; ditambah lagi, mereka mungkin memainkan peran penting dalam meningkatkan daya ingat, terutama seiring bertambahnya usia.

Tambahkan Alpukat dan Gandum Utuh

Setiap organ dalam tubuh tergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Diet tinggi biji-bijian dan buah-buahan seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Ini mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, menawarkan cara sederhana dan enak untuk menyalakan sel-sel otak.

Biji-bijian utuh, seperti popcorn dan gandum utuh, juga berkontribusi serat makanan dan vitamin E. Meskipun alpukat memiliki lemak, itu adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk Anda.

(foto: health essential)

YesDok Ads