Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Mengalami Peradangan Sendi

February 10, 2021 | Helmi

makanan manis

Arthritis adalah kondisi kesehatan umum yang melibatkan peradangan kronis pada persendian Anda. Ini menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada persendian, tulang, dan bagian tubuh lainnya tergantung pada jenisnya.

Penelitian menunjukkan bahwa intervensi diet, seperti menghilangkan makanan dan minuman tertentu, dapat mengurangi keparahan gejala pada orang dengan radang sendi dan osteoartritis, serta meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari bagi Anda yang memiliki masalah pada persendian.

Makanan yang Terlalu Banyak Gula

Anda harus membatasi asupan gula apa pun yang terjadi, tetapi terutama jika Anda menderita radang sendi. Gula tambahan ditemukan dalam permen, soda, es krim, dan banyak makanan lainnya, termasuk makanan yang tidak terlalu kentara seperti saus barbekyu.

Sebuah studi pada 217 orang dengan rheumatoid arthritis mencatat bahwa di antara 20 makanan, soda yang dimaniskan dengan gula dan makanan penutup adalah yang paling sering dilaporkan memperburuk gejala ini.

Daging olahan dan daging merah

Beberapa penelitian mengaitkan daging merah dan daging olahan dengan peradangan, yang dapat meningkatkan gejala radang sendi.

Misalnya, makanan yang banyak diproses dan daging merah menunjukkan penanda inflamasi tingkat tinggi. Studi pada 217 orang dengan masalah persendian yang disebutkan di atas juga menemukan bahwa daging merah biasanya memperburuk gejala masalah sendi.

Selain itu, sebuah penelitian pada 25.630 orang menentukan bahwa asupan daging merah yang tinggi dapat menjadi faktor risiko radang sendi.

Makanan yang mengandung gluten

YesDok Ads

Gluten adalah sekelompok protein dalam gandum, barley, rye, dan triticale (persilangan antara gandum dan gandum hitam). Beberapa penelitian mengaitkannya dengan peningkatan peradangan dan menunjukkan bahwa bebas gluten dapat meredakan gejala radang sendi.

Meskipun temuan ini menjanjikan, lebih banyak penelitian diperlukan untuk memastikan apakah diet bebas gluten saja bermanfaat bagi penderita radang sendi.

Makanan tinggi garam

Mengurangi garam mungkin merupakan pilihan yang baik bagi penderita radang sendi. Makanan tinggi garam termasuk udang, sup kalengan, pizza, keju tertentu, daging olahan, dan banyak item olahan lainnya.

Menariknya, para peneliti telah menyarankan bahwa asupan natrium yang tinggi dapat menjadi faktor risiko penyakit autoimun seperti radang sendi.

Alkohol

Karena alkohol dapat memperburuk gejala artritis, siapa pun dengan artritis inflamasi harus membatasi atau menghindarinya.

Sebuah studi pada 278 orang dengan spondyloarthritis aksial - arthritis inflamasi yang terutama mempengaruhi sumsum tulang belakang dan sendi sakroiliaka (SI) - mengaitkan asupan alkohol dengan peningkatan kerusakan struktural tulang belakang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan alkohol dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan serangan asam urat.

(Foto: freepik)

YesDok Ads