Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

July 17, 2022 | Iman

Makanan yang baik untuk ginjal

Penyakit ginjal terjadi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah. Diperkirakan sekitar 8 sampai 10% dari populasi orang dewasa menderita beberapa atau bentuk lain dari penyakit ginjal.

Kemajuan dalam penelitian medis telah memungkinkan untuk memperlambat dan bahkan menghentikan perkembangan penyakit kronis tersebut. Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling umum untuk penyakit ginjal.

Namun, obesitas, merokok, genetika, jenis kelamin dan usia juga dapat meningkatkan risiko. Oleh karena itu perlu bagi penderita penyakit ginjal untuk mengikuti diet khusus dan gaya hidup sehat. Berikut adalah makanan super yang harus ditambahkan dalam diet pasien yangt miliki masalah penyakit ginjal.

1. Kubis

Kubis termasuk dalam keluarga sayuran silangan. Hadir sarat dengan vitamin, mineral dan senyawa tanaman yang kuat. Vitamin K, Vitamin C dan Vitamin B banyak ditemukan dalam kubis. Kubis mengandung serat tidak larut yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat sehingga mendorong buang air besar secara teratur dan menambah jumlah tinja. Kubis rendah kalium, fosfor dan natrium yang sehat untuk pasien yang menderita masalah ginjal.

2. Kembang kol

Sayuran yang merupakan sumber yang baik dari banyak nutrisi, termasuk Vitamin C, K, B dan folat. Kembang kol membantu tubuh membuang racun. Sayuran ini bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah, dikukus atau bisa digunakan untuk membuat sup. Satu cangkir kembang kol yang dimasak mengandung 19 mg sodium, 176 mg potasium dan 40 mg fosfor.

YesDok Ads

3. Bawang putih

Orang dengan masalah ginjal disarankan untuk menggunakan lebih sedikit natrium dalam makanan mereka termasuk garam tambahan. Bawang putih adalah sumber mangan, vitamin C, dan vitamin B6 yang baik. Bawang putih adalah alternatif garam yang lebih enak, menambah rasa pada hidangan dan cukup bergizi. 9 gram bawang putih mengandung 1,5 mg sodium, 36 mg potasium dan 14 mg fosfor.

4. Anggur merah

Buah manis ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang disebut flavonoid yang membantu mengurangi peradangan. Buah ini mengandung banyak nutrisi dan ramah ginjal. 75 gram mengandung 1,5 mg natrium, 144 mg kalium dan 15 mg fosfor. Makan anggur sebagai camilan, tambahkan ke salad buah atau ayam atau minum jus anggur.

5. Putih telur

Putih telur menyediakan sumber protein berkualitas tinggi yang ramah ginjal. Pilihan yang baik untuk orang yang menjalani perawatan dialisis, yang membutuhkan jumlah protein yang baik tetapi fosfor terbatas. 66 gram putih telur mengandung 110 mg sodium, 108 mg potasium dan 10 mg fosfor. Putih telur dapat dihidangkan untuk telur dadar atau sandwich.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads