Makanan yang Baik Setelah Aktivitas Fisik

September 08, 2019 | Kaifia

Aktivitas fisik menguras banyak energi di dalam tubuh. Sulit bagi tubuh untuk mengembalikkan energi apabila perut belum diisi oleh makanan dalam 15-30 menit setelah melakukan aktivitas fisik. Bahkan makan sedikit cemilan tak lama setelah berolahraga dapat membantu mengembalikan energi.

Makan cemilan setelah berolahraga akan membantu tubuh mengisi kembali energi yang hilang.

Selama latihan, otot menggunakan glukosa yang disimpan, yang disebut glikogen, dan kadar menjadi berkurang.

Olahraga daya tahan, seperti berlari, menggunakan lebih banyak glikogen daripada aktivitas resistensi, seperti angkat besi. 

Mendapatkan keseimbangan nutrisi yang tepat setelah berolahraga mengembalikan energi dan mengurangi kelelahan, membantu tubuh untuk memperbaiki otot dan membangun kekuatan untuk latihan di kemudian hari.

Makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga

Asam lemak omega-3

Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington menunjukkan bahwa suplementasi dengan asam lemak omega-3 membantu meningkatkan sintesis protein otot dan meningkatkan ukuran sel otot pada orang dewasa.

Telur

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menyarankan bahwa mengonsumsi telor setelah beraktivitas fisik seharian dapat menghasilkan lebih banyak sintesis protein daripada mengonsumsi putih telur dengan kandungan protein yang sama.

Para peneliti menyimpulkan bahwa nutrisi dalam kuning telur membantu merangsang otot lebih efektif.

Karbohidrat

Mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat mungkin bisa menjadi cara terbaik mengurangi penurunan imun yang dapat terjadi setelah aktivitas fisik. Karbohidrat juga membantu mendorong penyimpanan pada glikogen.

Ubi jalar, biji-bijian, dan buah-buahan dapat mengandung kadar karbohidrat sehat yang tinggi, seperti halnya quinoa.

Air

Penting untuk memenuhi cairan tubuh terlebih dahulu sebelum maupun setelah melakukan aktivitas fisik. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi memastikan bahwa tubuh mendapatkan manfaat dari olahraga.

Tubuh kehilangan air dan elektrolit saat berkeringat, oleh karena itu minum air selama dan setelah latihan mampu meningkatkan kinerja dan memenuhi cairan tubuh. 

(Foto: today.com)

YesDok Ads