Makanan untuk Penderita Tipes yang Aman Dikonsumsi

November 15, 2022 | Iman

Makanan untuk Penderita Tipes

Selain beristirahat dengan cukup, penderita tipes juga perlu memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah dan bisa cepat pulih, berikut beberapa saran jenis makanan yang boleh dimakan saat tipes.

1. Makanan Lunak

Salah satu gejala tipes adalah gangguan pada sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan makanan tidak dalam kondisi baik. Oleh karena itu, penderita tipes disarankan untuk mengonsumsi makanan lunak guna mempermudah fungsi kerja dari sistem pencernaan.

Selain itu, mengonsumsi makanan lunak dapat membantu menghindarkan penderita tipes dari risiko komplikasi seperti perforasi usus (lubang pada dinding usus) atau pendarahan di usus. Selama mengidap tipes, Anda juga disarankan untuk mengunyah makanan hingga teksturnya benar-benar lunak, seperti bubur atau kentang tumbuk.

2. Cairan

Selain memperhatikan pilihan makanan untuk penderita tipes, hal yang tak kalah penting adalah memenuhi cairan tubuh. 

Salah satu gejala dari penyakit tipes adalah diare, di mana diare dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, saat mengidap tipes, penting bagi Anda untuk minum air setidaknya 6-8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi.

Selain menghindari dehidrasi, memenuhi asupan cairan juga penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Tidak hanya minum air putih, Anda dapat mengonsumsi makanan berkuah atau air perasan buah. Kedua jenis makanan tersebut dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

3. Makanan Tinggi Kalori dan Protein

YesDok Ads

Makanan untuk sakit tipes selanjutnya adalah yang kaya akan kalori dan protein. Makanan dengan kalori tinggi akan membantu pengidap tipes pulih lebih cepat. Memenuhi asupan kalori akan mencegah penurunan berat badan secara drastis akibat tipes. Namun, pastikan Anda tetap memperhatikan kandungan gizinya juga.

Makanan untuk penderita tipes juga akan lebih baik jika mengandung protein, karena protein bisa menjadi sumber tenaga dan zat pembangun yang  berfungsi dalam pemeliharaan dan pertumbuhan jaringan yang rusak.

4. Makanan Rendah Serat

Makanan yang tinggi serat sulit dicerna dan berpotensi mengiritasi usus yang sudah meradang akibat tipes. Karenanya, makanan yang boleh dimakan penderita tipes diusahakan rendah serat. Maka dari itu, pilihlah sayur dan buah yang memiliki kandungan serat rendah.

Beberapa rekomendasi sayuran dan buah untuk sakit tipes di antaranya alpukat, pisang, tomat tanpa kulit dan biji, atau Anda juga bisa membuat jus buah tanpa ampas. Selain buah dan sayuran, Anda dapat mengonsumsi makanan rendah serat seperti roti tawar, nasi putih, dan kentang.

5. Makanan dalam Porsi Kecil

Saat mengidap tipes, Anda sebaiknya makan dalam porsi kecil tetapi sering. Upaya ini akan membantu meringankan proses pencernaan tubuh. Selain itu, penderita tipes mungkin akan kehilangan nafsu makan, sehingga untuk menghindari rasa mual, ada baiknya makan dalam porsi sedikit. Bila biasanya Anda makan 3 kali sehari, maka saat tipes disarankan makan dalam porsi kecil 4-5 kali sehari.

(foto: healthline)

YesDok Ads