Makanan Terbaik untuk Isi Kembali Cairan Tubuh

September 14, 2019 | Iman

Sudah pasti diantara kita menderita kelelahan setelah menghabiskan sesi latihan yang berat. Elektrolit menjadi amat penting dalam dunia olahraga, apalagi yang membutuhkan daya tahan. Kandungan ini amat penting untuk mengembalikan kembali cairan Anda yang hilang.

 
Dilansir Runners World, elektrolit banyak terdapat pada produk olahraga seperti minuman dan batangan energi. Sayangnya makanan tersebut cenderung mengandung gula tambahan yang mungkin kurang baik bagi Anda.

 
Tapi tak perlu khawatir, sebetulnya banyak makanan alami yang mengandung khasiat elektrolit di dalamnya. Menurut ahli gizi dan olahraga, Nancy Clark, berikut beberapa makanan alami yang mudah ditemui sebagai pengganti cairan elektrolit Anda.

 
1. Sodium

Kita lebih baik surplus soal kandungan sodium atau natrium tubuh pada kondisi tertentu. Sodium yang terdapat pada garam membantu tubuh menahan air, membuat Anda tetap terhidrasi untuk jangka waktu yang lebih lama.

 
"Anda dapat dengan mudah mengganti [diperkirakan] 800 mg sodium yang hilang dalam dua pon keringat selama latihan keras selama satu jam dengan menikmati camilan seperti susu coklat dan bagel dengan selai kacang," kata Clark. Atlet juga dapat mengonsumsi makanan asin seperti sup beberapa jam sebelum sesi olahraga yang berat, sehingga tubuh mereka lebih siap untuk menahan cairan dan menjaga hidrasi sepanjang latihan.

 
2. Klorida

Biasanya klorida cocok dipasangkan dengan natrium. Mineral ini dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan, volume darah, tekanan darah, dan tingkat pH cairan tubuh yang juga hilang melalui keringat. Sempatkanlah isi kembali klorida dengan sumber makanan utuh yang lebih sehat, seperti zaitun, rumput laut, gandum hitam, tomat, selada, dan seledri.

YesDok Ads


3. Kalium

Selama satu jam latihan keras idealnya kita kehilangan 200 hingga 600 mg kalium atau potassium.Mineral ini mendukung fungsi sel dan jantung, mengatur tekanan darah, mencegah keropos tulang dan batu ginjal, dan memainkan peran penting dalam kontraksi otot. Untuk mengisi kembali, Clark menyarankan untuk mengonsumsi pisang yang sedang hingga besar yang mengandung 450 hingga 600 mg potasium. Untuk camilan usai berolahraga, Anda dapat memilih buah-buahan segar atau kering seperti jeruk, melon, kismis, kacang-kacangan dan alpukat.

 
4. Kalsium

Susu mungkin bukan pilihan yang nikmat untuk diminum setelah latihan, tetapi minuman kaya kalsium ini memberikan campuran karbohidrat, kalsium, natrium, dan kalium, bersamaan dengan protein berkualitas tinggi, yang membantu pemulihan otot. Usahakan untuk memasukkan makanan kaya kalsium seperti susu, sereal, bahkan yogurt pada menu usai Anda latihan.

 
5. Magnesium

Seiring dengan kalsium, magnesium membantu kontraksi otot, fungsi saraf, aktivasi enzim, dan perkembangan tulang. Untuk menambah simpanan mineral penting setelah berolahraga, Clark pun menyarankan untuk memakan sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, selai kacang, sebisa mungkin. Jadi memasukkan kandungan magnesium usai olahraga adalah kunci pemulihan lebih cepat.

 
(Foto: diaresQ)

YesDok Ads