Makanan Terbaik dan Terburuk saat Migrain Tiba

July 08, 2019 | Iman

Sakit kepala bukan keluhan sembarangan lagi, banyak diantara kita dengan mudahnya merasakan sakit kepala. Faktanya, dalam sebuah laporan dari WHO, 75% orang berusia antara 18 dan 65 mengalami sakit kepala selama setahun, dan lebih dari 30% orang menderita migrain.

Migrain adalah bentuk sakit kepala parah yang hanya terjadi di satu sisi kepala, keluhan ini sering disertai mual atau sensitivitas cahaya. Sementara efek migrain dapat lebih lama daripada sakit kepala biasa, karena intensitas nyeri yang lebih besar.

Menurut sebuah penelitian, menerapkan diet vegan dapat memberi manfaat bagi penderita migrain. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang baik untuk migrain seperti dilansir laman Boldsky.

Sayuran hijau

Mengonsumsi beragam sayuran berwarna hijau ternayata dapat mengurangi serangan migrain karena sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan.

Nasi merah

Nasi merah merupakan sumber magnesium yang sangat baik dan mengandung mineral penting yang dapat membantu mengurangi serangan migrain.

Buah-buahan

Kadang-kadang, sakit migrain disebabkan oleh dehidrasi. Makanlah buah-buahan seperti melon, tomat, yang dapat menurunkan intensitas serangan migrain karena buah-buahan ini mengandung kadar air yang tinggi.

Pemanis Alami

Pemanis alami seperti madu ternyata dapat meningkatkan asupan antioksidan. Jadi, pemanis alami akan menurunkan rasa sakit yang terkait dengan migrain dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Migrain

Cokelat

YesDok Ads

Menurut American Migraine Foundation, Cokelat adalah makanan pemicu migrain terbanyak kedua setelah alkohol karena dapat mempengaruhi 22% orang yang menderita migrain akibat kandungan kafein.

Pemanis buatan

Saat ini banyak sekali makanan olahan yang mengandung pemanis buatan dan ditemukan dalam permen, minuman ringan, makanan kaleng, selai dan jeli dan produk susu, yang diduga dapat memicu migrain.

Keju

Keju ternyata mengandung asam amino yang disebut tyramine dan kandungan tersebut telah dikaitkan dengan pemicu migrain.

Makanan asin

Makanan asin seperti saus salad, saus pasta, mie instan, mengandung bahan pengawet yang berbahaya dan dapat memicu sakit kepala migrain.

Alkohol

Alkohol adalah minuman pemicu migrain yang menyebabkan dehidrasi, dan memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemungkinan sakit kepala migrain.

(Foto: healthcentral.com)

YesDok Ads