Makanan Super untuk Atasi Peradangan

July 27, 2020 | Iman

Sayuran hijau

Setiap orang berupaya untuk tetap sehat. Berbagai cara dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi makan-makanan yang sehat. Beberapa makanan dipercaya dapat atasi peradangan.

Menurut para ahli, beberapa sayuran jika padukan dengan buah berkhasiat nyata bagi peradangan. Berikut beberapa pasangan makanan yang efektif dalam atasi peradangan.

1. Sayuran Hijau dan Minyak Zaitun

Penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan sayuran dan sumber lemak sehat meningkatkan penyerapan antioksidan seperti lutein dan beta-karoten. Lutein, antioksidan dalam sayuran berdaun hijau, dikenal dapat mengurangi peradangan pada mata, karena itu membantu mencegah gangguan neurodegeneratif seperti degenerasi makula terkait usia. Menyampurkannya dengan sedikit tetesan minyak zaitun di atas salad dapat menjadikan khasiat dan juga lezat.

2. Bayam dan Bluberi

Dalam satu studi, atlet yang makan bluberi setiap hari selama 6 minggu mampu mengurangi peradangan pasca-latihan, sementara penelitian lain menunjukkan mengonsumsi bayam dapat meningkatkan pernapasan dan aliran oksigen selama latihan. Nitrat yang ada dalam bayam membantu otot bekerja lebih efisien selama berolahraga, sedangkan bluberi membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Mencampurkan keduanya dalam seporsi hidangan jus pasti terasa istimewa.

3. Kacang Lentil dan Lemon

Menurut sebuah studi, peradangan yang terjadi pada wanita pramenopause dapat mengakibatkan kekurangan zat besi. Makan makanan kaya zat besi, seperti lentil dan kacang-kacangan, bersama dengan makanan sitrus yang tinggi asam askorbat dan karoten seperti lemon secara substansial meningkatkan jumlah zat besi yang dapat diserap tubuh. 

YesDok Ads

4. Ubi dan Cabai Rawit

Ubi memberikan lebih dari sekadar memuaskan hasrat lapar. Taburkan beberapa cabe rawit atau bubuk cabai pada makanan oranye yang kaya beta-karoten untuk meningkatkan penyerapan vitamin A. Vitamin A telah ditemukan bermanfaat dalam kondisi kulit radang, seperti jerawat, serta displasia bronkopulmoner.

5. Anggur dan Raspberi

Raspberi dan anggur keduanya kaya antioksidan. Raspberi mengandung asam ellagic, yang dikenal untuk meningkatkan kemampuan quercetin, kandungan ini juga ditemukan dalam anggur. Studi mengatakan kombinasi keduanya juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, osteoporosis, dan kanker paru-paru. 

6. Almond dan Kefir

Tambahkan beberapa almond cincang ke semangkuk kefir untuk usus yang bahagia dan sehat. Untuk meningkatkan bakteri perut yang ramah, cobalah makan almond yang dipadukan dengan kefir. Keduanya berperan menciptakan bakteri usus pelindung yang melawan peradangan usus kronis.

(Foto: scientificamerican)

YesDok Ads