Makanan Sehat yang Bisa Anda Siapkan di Dapur

February 01, 2020 | Iman

Makanan sehat di dapur

Saat ini kita mungkin dihadapkan dengan kenaikan harga barang makanan, dan kondisi tersebut memungkinkan anda berpikir untuk mengurangi belanja bahan makanan. Namun, jika anda benar-benar menguranginya, berarti anda juga kehilangan beberapa makanan yang memiliki gizi yang diperlukan tubuh.

Kita seharusnya tidak perlu mengurangi bahan makanan yang biasa kita konsumsi, apalagi jika itu makanan sehat. Perlu kita ingat, bahwa  konsumsi makanan sehat itu akan melindungi tubuh kita dari penyakit kronis dan infeksi.

Sementara itu, banyak makanan sehat dan produk segar dengan harga yang sangat mahal, tetapi ada juga makanan dengan harga murah dan terjangkau lalu sehat menyehatkan. 

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut adalah daftar makanan sehat dengan harga terjangkau yang bisa anda siapkan di dapur anda.

1. Oatmeal 

Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang bisa anda konsumsi saat sarapan , makanan ini juga sarat dengan vitamin dan mineral penting seperti zat besi, seng, serat, magnesium, dan vitamin B sehingga dapat mengurangi risiko beberapa penyakit yang bisa menyerang seperti obesitas, jantung dan diabetes tipe 2. 

2. Kacang 

Makanan yang berasal dari nabati ini kaya akan kandungan protein, dan menjadi alternatif terbaik untuk dijadikan camilan sehat. Kacang juga berfungsi sebagai sumber serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengendalikan gula darah dalam tubuh.

3. Buah-buahan 

Beragam Buah-buahan seperti pisang, jeruk, apel, kiwi dan blewah dikenal sangat sehat dan bisa dibeli dengan harga murah. Buah tersebut juga merupakan sumber nutrisi dan antioksidan yang luar biasa sehingga meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

4. Sayuran 

Sayuran adalah makanan yang paling penting bagi tubuh anda, karena sehat dan murah. Sayuran berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

5. Telur 

Telur merupakan sumber protein yang bagus bagi tubub anda dan makan telur setiap hari akan memberi tubuh semua nutrisi yang anda butuhkan. Anda bisa konsumsi Telur dengan berbagai olahan seperti omelet, atau sandwich.

6. Susu 

Susu adalah minuman sehat yang menyediakan banyak kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin B, protein, dan fosfor. Minum susu setiap hari berguna untuk mencegah beberapa penyakit kronis seperti osteoporosis, demensia, penyakit jantung, dan diabetes.

(Foto : freepik.com)

YesDok Ads