Makanan Sehat Anti Jerawat

September 20, 2020 | Aqiyu

Jerawat

Energi dalam tubuh bisa Anda dapatkan dsri makanan sehat. Setiap kandungan makanan yang dikonsumsi tentu memiliki peran tersendiri. Salah satunya adalah makanan yang tidak menyebabkan jerawatan. Karena ada pula makanan yang dapat memicu timbulnya peradangan pada kulit.

Terlebih jerawat adalah musuh setiap orang. Bukan hanya jerawat yang membandel, bahkan bekas jerawat pun terkadang sulit hilang membuat kulit wajah dipenuhi bintik hitam dan menurunkan rasa percaya diri.

Tapi jangan khawatir agar terbebas dari jerawat, Anda bisa mengonsumsi makanan anti jerawat. Berikut daftarnya:

  • Makanan rendah gula: gandum, legum, buah dan sayuran yang tidak diproses.
  • Makanan kaya vitamin E: kacang almond, kuaci, bayam, buah alpukat dan hazelnut. Makanan kaya zink: biji labu, kacang mete, daging sapi, tiram dan kepiting.
  • Makanan kaya vitamin A: jambu biji, papaya, kiwi, stroberi dan jeruk.
  • Makanan mengandung antioksidan: tomat, blueberry, ikan salmon, roti gandum utuh.

Usahakan agar Anda lebih cermat dalam memilih makanan. Karena bagaimana pun jenis makanan yang dikonsumsi dapat menentukan bagaimana kesehatan kulit yang terlihat. Sedangkan makanan yang dapat memicu jerawat adalah makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah lebih cepat.

YesDok Ads

Hal ini berkaitan dengan pelepasan hormon insulin yang berlebihan dalam darah. Sehingga membuat kelenjar minyak pada kulit memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya dan risiko timbulnya jerawat meningkat. Adapun makanan yang dapat meningkatkan insulin adalah nasi putih, gula, roti tawar dan pasta. Bila Anda memiliki jerawat yang sulit untuk dibasmi, padahal sudah menggunakan obat jerawat. Sebaiknya Anda mulai diet rendah gula.

Cara diatas adalah salah satu hal yang dapat mencegah dan membantu Anda mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Yang perlu dipahami jenis makanan tersebut bukanlah makanan yang dapat menyembuhkan jerawat.

(Foto:  the singapore women weekly)

YesDok Ads