Diet
+1

Makanan Penyebab Perut Buncit

November 07, 2019 | Kaifia

Makanan tinggi lemak adalah penyebab utama lemak berlebihan di perut. Kandungan lemak dalam makanan yang tidak tercerna dengan cepat disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Berbagai cara pun dilakukan agar si perut buncit pun dapat mengempis, namun tetap saja perut tetap membuncit. Anda yang tidak ingin rusak penampilan akibat perut buncit, jangan putus asa, asal mau mengurangi asupan makan berikut. 

Gorengan

Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak tinggi yang sulit dicerna dalam tubuh. Itulah mengapa makanan yang digoreng biasanya menyisakkan rasa tidak nyaman di perut usai dikonsumsi. Untuk menghindari perut buncit sebaiknya makanan diolah dengan cara direbus atau dikukus agar tetap terjaga nutrisinya.

Garam

Garam mengandung zat natrium, natrium adalah zat yang disukai air. Retensi dalam tubuh kita akan meningkat. Hal ini tentunya akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas dan lesu usai menyantap makanan yang memiliki kandungan garam tinggi. Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung garam menyebabkan perasaan lesu, penampilan yang lebih gemuk, dan berat tambahan dari air.

Gula pasir

Makanan yang mengandung gula pasir memiliki banyak kalori dan tidak mengandung vitamin serta mineral. Kurangi konsumsi gula pasir agar perut tidak semakin membuncit.

Makanan olahan

Terlalu sering mengonsumsi makanan olahan bisa menyebabkan depresi. Karena di dalam makanan olahan tidak memiliki kandungan nutrisi yang bisa diserap bagi tubuh. 

Makanan berfermentasi

Hampir mirip dengan makanan yang digoreng, keju dengan fermentasi  memiliki kandungan lemak tinggi. Jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam kadar yang tinggi bisa mengakibatkan timbunan lemak, terutama di daerah bagian perut. Bagi Anda penyuka keju hindari makanan keju secara berlebihan agar badan tetap ideal.

Sama seperti keju, cara pembuatan alkohol juga melalui tahap fermentasi. Selain menyebabkan perut buncit, dengan meminum alkohol justru peningkatan hormon stres. Selain tak baik bagi kesehatan, minuman berakohol mengandung gula tinggi.

Makanan yang mengandung karbohidrat

Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat, namun dengan batas wajar atau tidak berlebihan. Mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan bisa mengakibatkan kegemukan karena indeks glikemik yang tinggi. Hindari menyantap nasi dengan lauk mie, sambal goreng kentang dan kerupuk karena makanan ini semuanya mengandung karbohidrat.

(Foto: health.harvard.edu)

YesDok Ads