Makanan Penambah Imun Bagi Anak-anak

July 03, 2022 | Iman

Kacang-kacangan

Kita semua bagi orang tentu menginginkan nutrisi yang tepat bagi anak. Sangat penting untuk memantau apa yang mereka makan dan memastikan bahwa kita memberi mereka makanan yang bergizi.

Namun, sebagian besar anak-anak tertarik pada junk food yang dapat membahayakan kesehatan mereka. Salah satu cara untuk membatasi asupan junk food adalah dengan membangun kebiasaan makan sehat sejak dini demi menjaga imunitasnya.

Seorang pakar nutrisi, Joel Fuhrman memberi rumus "G-BOMBS" untuk kesehatan tanpa meninggalkan kebahagiaan anak. Berikut adalah yang perlu orang tua lakukan.

Apa itu GBOMBS?

G (Green) Hijau

Sayuran hijau mentah dikemas dengan nutrisi. Sayuran hijau mengandung zat yang melindungi pembuluh darah kita dan berhubungan dengan penurunan risiko diabetes. Sayuran berdaun hijau juga merupakan makanan yang paling padat nutrisi. Saat memasak sayuran hijau, jangan terlalu matang karena mereka kehilangan banyak sifat karena panas yang tinggi.

B (Beans) Kacang

Kacang adalah sumber nutrisi dan sumber karbohidrat paling padat nutrisi. Kacang kacangan merupakan makanan anti-diabetes dan penurun berat badan dan memiliki efek menstabilkan gula darah. Mereka mengandung serat larut yang menurunkan kadar kolesterol. Makan kacang, kacang polong atau lentil setidaknya dua kali seminggu memberikan perlindungan terhadap kanker.

O (Onion) Bawang

YesDok Ads

Bawang, bersama dengan daun bawang, bawang putih adalah bagian dari keluarga sayuran Allium, yang memiliki efek menguntungkan pada sistem kardiovaskular dan kekebalan. Bawang memiliki efek anti-diabetes dan anti-kanker pada tubuh. Studi telah menemukan bahwa peningkatan konsumsi sayuran Allium dikaitkan dengan risiko kanker lambung dan prostat yang lebih rendah.

M (Mushroom) Jamur

Mengkonsumsi jamur secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, perut, dan kolorektal. Sebuah penelitian di Cina menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya 10 gram jamur segar setiap hari memiliki 64% penurunan risiko kanker payudara. Perlu diingat bahwa jamur hanya boleh dimakan dimasak.

B (Beri)

Keluarga beri termasuk blueberry, stroberi, dan blackberry adalah makanan super. Mereka lezat untuk dimakan dan rendah gula dan tinggi nutrisi. Warna-warna cerah yang dihadirkan merupakan kandungan antioksidan, termasuk flavonoid dan vitamin. Buah beri adalah makanan yang sangat baik untuk otak karena mereka meningkatkan koordinasi motorik dan memori kita.

Seed (Biji)

Biji-bijian mengandung lemak sehat dan kaya akan zat gizi mikro, termasuk mineral dan antioksidan. Biji-bijian kaya akan mineral, protein lebih tinggi daripada kacang-kacangan, dan setiap jenis biji memiliki nilai gizi yang unik. Biji rami, chia adalah sumber yang kaya akan lemak omega-3 yang sehat.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads