Diet
+1

Makanan Pemicu Tumbuh Uban Lebih Cepat

November 04, 2019 | Kaifia

Tumbuhnya uban pada usia yang sewajarnya merupakan hal yang biasa, namun pada beberapa orang, uban bisa tumbuh lebih cepat dari dari usia yang semestinya tumbuh.  Uban muncul karena beberapa faktor seperti faktor usia, kebiasaan merokok, perubahan hormon, stress, polusi, sampai dengan terganggunya kondisi auto-imun dalam tubuh manusia. 

Selain itu ada hal lain yang memicu kecepatan tumbuhnya uban, yaitu makanan. Listing berikut adalah makanan yang jadi penyebab tumbuhnya uban lebih cepat. 

Daging berprotein tinggi

Mengkonsumsi daging-dagingan memang dianjurkan karena kandungan di dalamnya dapat membuat tubuh menjadi sehat. Tetapi, ketika mengkonsumsi daging yang memiliki protein tinggi, maka hal ini menjadi tidak baik untuk kesehatan rambut dan dapat membuat munculnya uban. Salah satu jenis daging berprotein tinggi adalah daging kambing. Sebagai perbandingan dalam 100 gram daging sapi mengandung 14 gram protein, sedangkan dalam 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein.

MSG

MSG atau monosodium glutamate sering ditemukan dalam berbagai makanan olahan. MSG dipercaya dapat mengganggu kesehatan tubuh dan juga membuat rambut memutih dengan cepat.

YesDok Ads

Gula

Gula memiliki peranan dalam menurunkan jumlah vitamin E dalam darah, padahal vitamin tersebut diperlukan untuk pertumbuhan rambut sehat. Selain menurunkan kadar vitamin E, kandungan dalam gula juga dapat menyebabkan elastisitas jaringan rambut terganggu atau menjadi longgar. Ini bukan berarti seseorang tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali, karena ada beberapa jenis makanan alami seperti sayuran dan buah yang mengandung gula juga di dalamnya. Lebih disarankan untuk mengatur jumlah asupan gula ke dalam tubuh.

Garam

Sama seperti gula, makanan yang mengandung banyak garam dapat menghilangkan kandungan sodium dalam tubuh yang sangat diperlukan untuk keseimbangan cairan. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam dalam jumlah besar pada  waktu lama membuat rambut Anda memutih lebih cepat.

(Foto: health.harvard.edu)

YesDok Ads