Makanan Pembersih Usus, Patut Dicoba!

May 29, 2022 | Aqiyu

Makanan Pembersih Usus

Sebagian besar orang mungkin pernah mengalami gangguan pencernaan. Banyak factor yang menyebabkan gangguan pencernaan seperti makanan yang dikonsumsi setiap hari, asupan gizi dan nutrisi yang diterima oleh tubuh hingga pengaruh bahan kimia. 

Pentingnya menjaga kesehatan usus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena sekitar 70-0% jaringan sistem kekebalan tubuh berada di sistem pencernaan. Itulah kenapa Anda harus memastikan sehat. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan usus dengan cara alami. Berikut makanan yang dapat dijadikan sebagai pembersih alami usus:

Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan. Lemon dapat dimanfaatkan untuk membersihkan usus besar. Caranya, campurkan perasan satu buah lemon dengan sedikit garam dan madu dalam segelas air hangat. Perasaan lemon ini bisa diminum di pagi hari.

Alpukat

Membersihkan usus sangat mudah dengan cara rutin mengonsumsi alpukat. Alpukat kaya akan serat baik jenis serat yang larut maupun tidak larut.

Sayuran Hijau

Makanan yang mengandung klorofil seperti sayuran hijau dapat menyehatkan sistem pencernaan dan membersihkan usus besar. Sayuran hijau yang disarankan untuk dikonsumsi adalah bayam, asparagus, kacang polong, kubis dan seledri.

YesDok Ads

Apel

Buah apel atau olahan yang terbuat dari apel seperti cuka apel, jus apel dan lainnya dikenal baik untuk membersihkan usus dan menjaga kesehatan pencernaan. Apel mengandung komponen karbohidrat dan kaya serat yang dapat juga memperkuat dinding usus.

Yogurt

Mengonsumsi yogurt biasa atau non susu adalah makanan pilihan yang baik untuk mendetoks usus. Yogurt memiliki probiotik yang dapat membantu menghilangkan jamur dan bakteri berbahaya pada usus. Selain itu, yogurt juga bisa memperbaiki usus dan gejala sindrom usus.

Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki sumber asam lemak omega 3 yang melimpah. Dimana asam lemak tersebut dapat berfungsi sebagai antiinflamasi yang kuat dan berperan penting untuk menyembuhkan usus dari peradangan.

Oatmeal

Oatmeal dapat dimanfaat untuk membersihkan usus kotor. Oatmeal termasuk makanan tinggi serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi oatmeal dengan tipe whole-grain. 

YesDok Ads