Makanan Pedas Cocok bagi Tubuh saat Musim Dingin

January 05, 2020 | Iman

Cabai untuk makanan pedas

Bagi beberapa orang, makanan pedas adalah menu favorit yang tidak boleh dilewatkan. Tidak jarang mereka menambahkan saos sambal untuk menambah cita rasa ke dalam sebuah makanan. 

Anda pasti begitu menggebu-gebu ketika melihat bagaimana warna merah yang identik dengan sambal atau rempah-rempah hadir di meja makan anda dan tidak siap menuangkannya ke dalam piring makanan. Hal tersebut dinilai wajar, karena sebuah ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa itu adalah cara tubuh mendorong Anda agar tetap hangat. Ada korelasi antara makanan pedas dan tubuh yaitu Ketika suhu turun, tubuh mencoba untuk tetap hangat. Menurut pengobatan tradisional China, setiap organ dalam tubuh merespons rasa tertentu. 

Misalnya Paru-paru yang merespons rempah-rempah karena mereka sesuai dengan energi paru-paru, karena sifat pemanasnya, rempah-rempah mengeluarkan dingin dari tubuh.

Di musim dingin, kita rentan terhadap flu, infeksi paru-paru dan infeksi lainnya karena adanya patogen di udara. Paru-paru kita harus tetap sehat agar patogen tidak menimbulkan masalah kesehatan serius di tubuh. Karena Ketika fungsi paru-paru terganggu, berbagai masalah kesehatan bisa terjadi, diantaranyabsinus, sakit kepala, batuk, menggigil, nyeri tubuh, dan sebagainya.

Makan makanan pedas ternyata dapat membantu mengeluarkan angin dan patogen dari tubuh, dan juga meningkatkan aliran energi dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Ketika makan makanan pedas, hidung anda pun merespons dimana hal tersebut bagus karena membantu menghilangkan lendir. Juga, jika Anda berada di cuaca yang dingin, makanan pedas juga dapat membuat Anda merasa lebih hangat dan berkeringat. 

YesDok Ads

Selain itu, menurut beberapa penelitian, konsumsi makanan pedas juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan api pencernaan dan metabolisme. Namun perlu diingat bahwa makanan pedas tidak cocok untuk semua orang. Ada beberapa orang yang tidak toleran terhadap makanan pedas dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit perut atau maag yang semakin buruk.

Ketika ingin makan makanan pedas ada bahan-bahan yang bisa anda masukan seperti jahe, bawang putih, paprika, bahan makannan tersebutbmemiliki efek pemanasan yang sama. Tambahkan semua ini ke dalam makanan Anda.

Sementara itu, ada manfaat lain jika anda menyantap makanan pedas, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat, memperbaiki mood dengan meningkatkan produksi hormon serotonin, hingga membantu mengurangi stres, kecemasan, dan kemarahan.

(Foto : pennmedicine)

YesDok Ads