Diet
+1

Makanan Ini Tidak Bersahabat dengan Pencernaan

August 28, 2020 | Claudia

Gorengan

Memilih makanan apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi memang merupakan satu tugas penting yang kerap terabaikan. Kebanyakan orang tak begitu peduli, entah itu makanan sehat ataupun tidak, selama makanan yang masuk bisa menyenangkan lidah dan mengenyangkan perut mereka.

Padahal, ada beberapa makanan yang tidak sehat dan bisa memperburuk kondisi pencernaan. Makanan apa saja?

Goreng-gorengan

Makanan yang digoreng mengandung tinggi lemak, terlalu sering mengonsumsinya bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Potongan daging penuh lemak, makanan penutup yang mengandung mentega dan krim, bisa menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi berlebihan.

Sebaiknya, beralihlah mengonsumsi makanan yang dipanggang, karena mengandung lebih sedikit lemak, sehingga aman untuk pencernaan.

Pemanis buatan

YesDok Ads

Banyak makanan yang diproduksi menggunakan pemanis buatan. Jika Anda terlalu sering mengonsumsinya, ini bisa merugikan pencernaan Anda. Anda mungkin akan mengalami diare, jika Anda mengonsumsi 50 gram atau lebih makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan dalam seharian penuh.

Makanan tinggi serat

Anda pasti terkejut akan hal ini. Serat biasanya dikenal baik untuk pencernaan. Akan tetapi, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat, sistem pencernaan Anda mungkin akan mulai kesulitan menyesuaikan dirinya. Ini bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti gas dan kembung. Jika Anda ingin mengonsumsi lebih banyak serat, maka tingkatkan konsumsinya secara bertahap, sehingga pencernaan Anda lebih mudah untuk menyesuaikan diri dalam mencernanya.

Kubis dan brokoli

Kedua sayuran ini memang sehat, akan tetapi memakannya secara berlebihan bisa sebabkan masalah pencernaan. Bagaimana bisa? Kandungan gula dalam kedua sayuran ini dapat menyebabkan pembentukan gas. Kandungan serat yang juga tinggi membuat kedua sayuran ini lebih sulit dicerna. Jika memang ingin mengonsumsinya, pastikan Anda mengolahnya sampai matang, dan jangan memakannya mentah-mentah untuk melindungi pencernaan Anda.

(Foto: nytimes.com)

YesDok Ads